Sejarah terbentuknya masyarakat keturunan Sunan Cendana di dusun Laok Leke Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munir, Misbahul (2021) Sejarah terbentuknya masyarakat keturunan Sunan Cendana di dusun Laok Leke Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Misbahul Munir_A92217079.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan sosial atau sosiologi dan analisis teori ‘Ashabiyah oleh Ibnu Khaldun. Dalam teori tersebut dinyatakan bahwa suatu masyarakat dapat terbentuk karena adanya solidaritas atau pertalian darah antara satu sama lain. Pendekatan sejarah sosial atau sosiologi difokuskan untuk menganalisis masyarakat dan hubungan antar anggota masyarakat sehingga. Dalam proses perolehan data dilapangan, peneliti mengacu pada tahapan-tahapan metode penelitian sejarah yaitu heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Kesimpulan yang didapat dari proses analisis yaitu 1) Masyarakat keturunan Sunan Cendana di Dusun Laok Leke terbentuk pertama kali oleh para pendakwah yang datang untuk menyebarkan ajaran Islam di desa Paeng. Tokoh tersebut adalah Kiai Sulaiman, Nyai Hanifah, dan ketiga putranya. Melalui tokoh-tokoh tersebut terbentuk masyarakat keturunan Sunan Cendana di dusun Laok Leke. 2) Dalam sejarahnya, masyarakat keturunan Sunan Cendana di dusun Laok Leke berkembang pesat utamanya dalam hal keagamaan. Dalam masyarakat terdapat beberapa lembaga-lembaga yang menunjang kehidupan beragama masyarakat. 3) Masyarakat keturunan Sunan Cendana di dusun Laok Leke memiliki struktur dan karakteristik budaya yang berbeda dank has dibandingkan dengan dusun lain. Umumnya masyarakat dusun Laok Leke terdiri dari tokoh-tokoh pemuka agama dan budaya sosial-keagamaan yang khas dan unik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munir, Misbahulmunirmuye16@gmail.comA92217079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufrodi, Aliali.mfd52@gmail.com2017065201
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Masyarakat; Keturunan; Sunan cendana.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Misbahul Munir
Date Deposited: 14 Mar 2021 08:49
Last Modified: 14 Mar 2021 08:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47026

Actions (login required)

View Item View Item