Metode syarah hadis dalam kitab mastika hadis karya Sheikh Abdullah Basmeih

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rasidi, Muhamad Anas Bin Muhamad (2021) Metode syarah hadis dalam kitab mastika hadis karya Sheikh Abdullah Basmeih. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhamad Anas Bin Muhamad Rasidi_E45217016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena pada saat ini, banyak kitab hadis yang telah ditemukan. Di Malaysia, banyak kitab hadis yang diajarkan di sejumlah masjid dan pesantren. Beberapa di antara kitab hadis tersebut banyak yang sudah dikaji dan ada yang belum dikaji. Kitab Mastika Hadis karya Sheikh Abdullah Basmeih termasuk di antara kitab yang tidak banyak yang dikaji. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah geonologi keilmuan Sheikh Abdullah Basmeih, kemudian karakteristik kitab Mastika Hadis dan metode Sheikh Abdullah Basmeih dalam mensyarah kitab Mastika Hadis. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research). Yaitu penelitian terhadap buku-buku yang memuatkan inforamasi terkait penelitian ini, di samping mengutip dan meneliti buku-buku yang ditulis oleh Sheikh Abdullah Basmeih. Penelitian ini juga menggunakan metode deskriptif yaitu menggambarkan metode syarah yang digunakan Sheikh Abdullah Basmeih berkaitan dengan kitab Mastika Hadis yang kemudian dikuatkan dengan teori syarah hadis. Hasil dari penelitian ini, ditemukan bahwa Sheikh Abdullah Basmeih memulakan pendidikannya pada usia tujuh tahun di Mekah sebelum ayahnya membawanya berhijrah ke Tanah Melayu. Sebelum bergelar seorang penulis, Sheikh Abdullah Basmeih melakukan berbagai pekerjaan bagi menyara kehidupan keluarganya. Selanjutnya hasil analisis terhadap karakteristik kitab Mastika Hadis. Sheikh Abdullah Basmeih mengumpulkan hadis-hadis yang berkaitan persoalan aqidah dan juga ibadah. Hadis-hadis di dalam kitab Mastika Hadis dicantumkan mengikut bab tertentu dan dikuti dengan syarah hadisnya. Sheikh Abdullah Basmeih menerapkan metode Ijma>li dalam mensyarah hadis pada kitab Mastika Hadis. Hadis-hadis disyarahkan dengan bahasa yang ringkas dan mudah diapahami oleh kebanyakan masyarakat di Malaysia. Sheikh Abdullah Basmeih mencantumkan ayat Alquran, hadis, pendapat ulama dan lainnya ketika mensyarahkan hadis. Kitab Mastika Hadis telah memberikan banyak manfaatkepada masyarakat. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya masjid-masjid di Malaysia yang menggunakan kitab Mastika Hadis sebagai bahan ajar. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat menambah wawasan ilmu dan menjadi referensi bagi pembaca. Sekaligus, diharap agar penelitian ini dapat menjadi literatur yang bisa dipertanggungjawabkan sebagai sumber kajian mahasiswa. Akhirnya, kritik dan saran dari semua pihak sangatlah dibutuhkan bagi memperbaiki segala kekurangan dalam penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rasidi, Muhamad Anas Bin Muhamadanasunais2803@gmail.comE45217016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIchwayudi, Budib.ichwayudi@uinsby.ac.id2016047606
Subjects: Hadis
Keywords: Syarah hadis; Basmeih; Sheikh Abdullah Basmeih.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Muhamad Anas Muhamad Rasidi
Date Deposited: 24 Mar 2021 13:39
Last Modified: 24 Mar 2021 13:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47039

Actions (login required)

View Item View Item