Pengembangan model pelatihan guru Al-Qur'an untuk meningkatkan kompetensi mengajar di SDIT Utsman Bin Affan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yamin, Mohamad (2021) Pengembangan model pelatihan guru Al-Qur'an untuk meningkatkan kompetensi mengajar di SDIT Utsman Bin Affan Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohamad Yamin_F02318089.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Utsman bin Affan belum berjalan dengan baik. Hal ini berdasarkan hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa kompetensi mengajar guru Al-Qur’an masih rendah. Tidak ada pelaksanaan supervisi pembelajaran Al-Qur’an dan kegiatan pembinaan perbaikan bacaan Al-Qur’an guru belum terlaksana dengan baik. Oleh karena itu dibutuhkan model pelatihan guru Al-Qur’an untuk meningkatkan kompetensi mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis prosedur, pelaksanaan dan evaluasi dari pengembangan model pelatihan guru Al-Qur’an untuk meningkatkan kompetensi mengajar di SDIT Utsman bin Affan Surabaya. Model pelatihan guru Al-Qur’an tersebut untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran Al-Qur’an. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan mengacu pada model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah semua guru Al-Qur’an di SDIT Utsman bin Affan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan penilaian melalui angket. Angket ini digunakan untuk menilai validasi prosedur pelatihan, pelaksanaan pelatihan dan evaluasi pelatihan. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian pengembangan model pelatihan guru Al-Qur’an menunjukkan hasil yang baik dan layak diuji cobakan. Selanjutnya pada uji coba pelaksanaannya juga mendapatkan kategori baik. Hal ini ditunjukkan dari evaluasi pelatihan oleh peserta. Dimana untuk pelaksanaan pelatihan mendapatkan skor 3,65 dan evaluasi aktivitas trainer mendapatkan skor 3,82 dari skala 4. Sedangkan dari hasil pretest dan posttest peserta, peneliti menguji dengan uji Normalitas Shapiro-Wilk untuk pre test 0,503 dan post test 0,119 hasil kedua uji tersebut > 0,05, maka dinyatakan terdistribusi normal. Dan hasil uji Paired T Test, nilai Sig.(2-tailed) = 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan H1 diterima. H1 adalah terdapat perbedaan rata-rata hasil tes kompetensiya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pelatihan guru Al-Qur’an terhadap kompetensi mengajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yamin, Mohamadyaminjatim@gmail.comF02318089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus Salamahhusniyatussalamah@uinsby.ac.id2021036901
Thesis advisorSyaifudin, Mokhamadmsyaifudin@gmail.com2013107303
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Pengembangan Pelatihan; Kompetensi Mengajar.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Yamin Yamin
Date Deposited: 16 Mar 2021 07:51
Last Modified: 16 Mar 2021 07:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47052

Actions (login required)

View Item View Item