Analisis edukasi produk halal dalam mendesain Islamic lifestyle: studi kasus pada keluarga besar UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahmudah, Salma (2021) Analisis edukasi produk halal dalam mendesain Islamic lifestyle: studi kasus pada keluarga besar UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salma Mahmudah_G74214122.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini disusun berdasarkan rumusan masalah bagaimana edukasi produk halal pada keluarga besar UIN Sunan Ampel Surabaya dan bagaimana edukasi produk halal tersebut dalam mendesain Islamic Lifestyle keluarga besar UIN Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan pendekatan fenomenologi data yang telah diperoleh kemudian dianalisis melalui reduksi, penyajian data dan pengambilan kesimpulan serta verifikasi. Pengambilan data diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah dosen dan karyawan UIN Sunan Ampel Surabaya yang berjumlah 10 orang informan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa edukasi produk halal yang diterima oleh dosen dan karyawan UIN Sunan Ampel sangat beragam. Mayoritas informan memperoleh edukasi produk halal dari proses pencarian individu sendiri. Seperti dari lingkungan keluarga, lingkungan kerja dan lingkungan pendidikan. Edukasi yang diterima seputar pengertian halal, makanan minuman halal kosemtik obat-obatan dan sedikit mengenai industri halal. Gaya hidup Islami yang diterapkan oleh dosen dan karyawan UIN Sunan Ampel dapat dilihat dari perilaku konsumsi dalam mengalokasikan uang dan pendapatanya dengan tidak boros, sederhana, tidak bermewahan dan mengajarkan untuk hidup berderma. Islamic Lifestyle dosen dan karyawan dapat tercermin dari perilaku konsumsi yang terbentuk dari edukasi produk halal (Halal Literacy), keyakinan dan kemampuan membedakan produk halal (Halal Self Efficacy) dan pencarian informasi kehalalan produk yang akan dikonsumsi (Halal Involvement). Kepatuhan terhadap konsumsi produk halal mampu mendorong informan untuk menerapkan gaya hidup yang Islami atau terbentuknya Islamic Lifestyle. Saran untuk keluarga besar UIN Sunan Ampel Surabaya melalui civitas akademik dan UHC diharapkan mampu memberikan fasilitas dan tindakan lebih lanjut dalam proses edukasi dan literasi produk halal serta kampanye Islamic Lifestyle.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahmudah, Salmasalma.mahmudah92@gmail.comG74214122
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Muhammadmuhammadyazid02@gmail.com2017117304
Subjects: Ekonomi Islam
Manajemen
Keywords: Produk Halal; Edukasi Halal; Islamic Lifestyle.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Salma Mahmudah
Date Deposited: 21 Mar 2021 15:04
Last Modified: 21 Mar 2021 15:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47064

Actions (login required)

View Item View Item