Implementasi etika bisnis islam pada usaha jual beli bibit ikan tombro di Dusun Buden Desa Plosobuden Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Na'im, Muhammad Fadllullah (2020) Implementasi etika bisnis islam pada usaha jual beli bibit ikan tombro di Dusun Buden Desa Plosobuden Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Fadllullah Na’im_G04216044.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Adapun pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, dan wawancara secara langsung dengan responden yaitu penjual dan pembeli bibit ikan Tombro di Dusun Buden Desa Plosobuden Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih ada penjual dan pembeli yang melanggar etika bisnis Islam diantaranya masih ada yang tidak jujur dalam hal hitungan dan takaran karena pembeli memesan barangnya lewat SMS atau telepon. Menjual barang yang tidak bagus mutunya. Dan pembeli tidak menepati janji dalam pelunasan hutangnya padahal sudah jatuh tempo. Selain itu ada beberapa etika bisnis yang sudah dijalankan oleh penjual dan pembeli bibit ikan Tombro antara lain tidak melakukan sumpah palsu dan tidak boleh menjelekkan bisnis orang lain, bersikap ramah dan bermurah hati, membangun hubungan baik antara penjual dan pembeli, barang yang dijual belikan adalah yang (baik) suci dan halal dan bersih dari unsur Riba’, menetapkan harga yang transparan dan melaksanakan kesepakatan bersama. Sejalan dengan hasil penelitian di atas, saran dari penulis untuk pelaku usaha jual beli bibit ikan Tombro agar dapat melaksanakan transaksi jual beli bibit ikan Tombro yang sesuai dengan syariah Islam dan etika bisnis Islam serta terus meperbaiki segala kinerja kedua belah pihak dengan baik dan benar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Na'im, Muhammad Fadllullahfadllullahn@gmail.comG04216044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusafa'ah, Suqiyahsuqiyah@uinsby.ac.id2027036301
Subjects: Ekonomi Islam
Jual Beli
Etika
Keywords: Etika Bisnis Islam; Jual beli bibit ikan Tombro.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Fadllullah Na'im
Date Deposited: 21 Mar 2021 14:47
Last Modified: 21 Mar 2021 14:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47065

Actions (login required)

View Item View Item