Kontekstualisasi pemaknaan Hadis Memanah di Era Modern

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Busairi, Afandi (2020) Kontekstualisasi pemaknaan Hadis Memanah di Era Modern. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Busairi Afandi_E93213152.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sebagai sebuah teks, hadis nabi masih membuka ruang dipahami secara beragam, dengan berbagai perspektif dan dengan aneka pertimbangan, mulai dari konteks lahirnya hadis hingga persoalan autentisitas dan lain sebagainya. Salah satu hadis yang sering didengungkan dan menjadi problem hingga saat ini adalah hadis tentang memanah. Saat ini, mayoritas orang memahami hadis tentang anjuran memanah sebagai sunah normatif. Oleh karena itu tulisan ini akan mengkaji tentang hadis-hadis memanah tidak hanya dari sisi historisitasnya, tetapi juga kontekstualisasinya di era Modern. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaaan dengan menggunakan pendekatan kritik sanad dan matan sebagai pijakan dalam menentukan autentisitas hadis. Sementara pemakanaannya menggunakan pendekatan kontekstual. Untuk mencapai tujuan tersebut, perlu adanya kajian terhadap aspek bahasa dan aspek historis dengan merujuk kepada pendapat-penadapat ulama hadis untuk kemudian ditarik dalam konteks era modern. Dari penelitian yang telah dilakukan, ada beberapa poin yang dapat penulis simpulkan. Pertama, secara historis, konteks hadis-hadis tentang memanah adalah saat perang dalam rangka jihad di jalan Allah. Pada saat itu, kekuatan yang dibutuhkan adalah memanah karena dapat membidik musuh dari jarak yang sangat jauh. Hadi-hadis tersebut berisi tentang anjuran dari Nabi yang sifatnya targhib (motivasi). Sedangkan pesan moral utama dalam hadis-hadis tersebut adalah anjuran untuk umat Islam dalam membangun kekuatan yang bisa mengatasi musuh-musuh umat Islam sesuai konteksnya. Dalam konteks sekarang, alat dan sarana yang memiliki tujuan yang sama dengan memanah dan dapat digunakan dari jarak jauh misalnya adalah senapan, pesawat temput, roket ataupun kekuatan lainnya. Begitu juga dengan musuh umat Islam yang berupa kemiskinan dan kebodohan, maka senjata yang paling efektif untuk memberantasnya adalah pendidikan dan ilmu pengetahuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Busairi, Afandibusairiafandi21@gmail.comE93213152
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmrozi, YusufYusuf.amrozi@gmail.com2003077601
Thesis advisorAmin, Faris Mushlihulfaris@uinsby.ac.id2013088801
Subjects: Hadis
Keywords: Hadis; Memanah; Modern; Kontekstual.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Busairi Afandi
Date Deposited: 18 Mar 2021 09:32
Last Modified: 26 Mar 2021 01:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47071

Actions (login required)

View Item View Item