Autentisitas kaidah tadabur: studi analisis qawa’id al-tadabbur al-amsal karya Abdurrahman Habannakah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adkha, Muhammad Dawil (2021) Autentisitas kaidah tadabur: studi analisis qawa’id al-tadabbur al-amsal karya Abdurrahman Habannakah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Dawil Adkha_E93217120.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dibahas dalam tulisan ini adalah konsep tadabur perspektif Abdurrahman Habannakah yang terdapat dalam karyanya berjudul Qawa>’id al-Tadabbur al-Ams|al, dan juga membahas tentang kaidah tafsir dan konsep tadabur perspektif ulama lain yang kemudian akan dibandingkan dengan konsep tadabur Abdurrahman Habannakah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana keautentikan kaidah tadabur yang disusun oleh Abdurrahman Habannakah. Kaidah yang dirumuskan Abdurrahman Habannakah berjumlah 40. Secara garis besar kaidah-kaidah tersebut mengerucut ke 5 konsep umum kaidah tafsir yaitu; munasabah, asbabun nuzul, aspek kebahasaan Alquran, balagah, dan ra’yi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan yaitu penelitian yang sumbernya berasal dari beberapa literatur baik berupa buku, artikel jurnal, skripsi, tesis dan/atau literatur-literatur yang valid lainnya. Adapun pendekatannya menggunakan pendekatan analisis komparatif, yakni menganalisis konsep tadabur Abdurrahman Habannakah kemudian membandingkannya dengan konsep tadabur ulama lain dan kaidah tafsir, untuk menguji keautentikan kaidah tadabur Abdurrahman Habannakah. Penelitian ini berkesimpulan bahwa kaidah tadabur Abdurrahman Habannakah berbeda dengan konsep tadabur ulama lain, dan cenderung sama dengan kaidah tafsir. Untuk mengaplikasikannya membutuhkan dua tahap yakni menyelami tafsir kemudian tadabur. Sehingga kaidah tadaburnya lebih tepat disebut sebagai kaidah tafsir tadabburi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adkha, Muhammad Dawildawiladkha@gmail.comE93217120
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyarief, Muhammadm.syarief@uinsby.ac.id2010105601
Subjects: Al Qur'an
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Tadabur; Kaidah; Abdurrahman Habannakah.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Muhammad Dawil Adkha
Date Deposited: 23 Mar 2021 12:26
Last Modified: 23 Mar 2021 12:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47075

Actions (login required)

View Item View Item