Tradisi Grebeg Berkah Bojonegaran: perspektif sejarah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nasihah, Mutrofin (2021) Tradisi Grebeg Berkah Bojonegaran: perspektif sejarah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mutrofin Nasihah_A92216093.pdf

Download (2MB)

Abstract

Untuk menjawab permasalahan di atas, peneliti menggunakan metode penelitian sejarah dengan pendekatan antropologi politik dan pendekatan historis. Pendekatan antropologi politik dapat mengungkap budaya politik dalam kegiatan grebeg berkah bojonegaran, sedangkan pendekatan historis dapat mengungkap sejarah dan perkembangan tradisi grebeg berkah bojonegaran. Selanjutnya, peneliti mengumpulkan sumber-sumber sejarah melalui observasi dan wawancara, lalu dikritik dan dianalisis dengan metode kualitatif menggunakan teori politik hegemoni dan teori continuity and change. Hasil analisis ditulis dalam bentuk diakronis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilkukan, diketahui bahwa; 1. Kebudayaan masyarakat Bojonegoro berada di daaerah kebudayaan mancanegari, yaitu terletak di sebelah timur Kesultanan Yogyakarta dan Kesunanan Solo. 2. Kegiatan grebeg berkah bojonegaran merupakan upacara tradisional yang rutin diselenggarakan pemerintah Bojonegoro tiap tahun sekali dalam rangka Hari Jadi Bojonegoro di Alun-Alun Kabupaten pada malam hari menjelang Hari Jadi Bojonegoro dengan tujuan menghegemoni masyarakat Bojonegoro. 3. Dalam sejarahnya, grebeg berkah bojonegaran dibagi menjadi dua periode, yaitu a.) Bupati Suyoto (2013-2017) dan b) Bupati Anna Muawanah (2018-2019, dengan persamaan dalam tempat grebeg, waktu grebeg, prosesi inti grebeg dan perlengkapan grebeg dan perbedaan dalam nama acara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nasihah, Mutrofinmutrofinnasihah24@gmail.comA92216093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhudi, Masyhudimasyhudi_adab@yahoo.com2006045901
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Tradisi Islam
Keywords: Bojonegoro; Grebeg; Hegemoni; Continuity and Change.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Nasihah Mutrofin
Date Deposited: 21 Mar 2021 16:43
Last Modified: 21 Mar 2021 16:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47078

Actions (login required)

View Item View Item