Perilaku body shaming: studi ma’anil Hadis Sunan Tirmidhi nomor indeks 2050 melalui pendekatan Psikologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azhar, M. Fahmi (2021) Perilaku body shaming: studi ma’anil Hadis Sunan Tirmidhi nomor indeks 2050 melalui pendekatan Psikologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Fahmi Azhar_E95217028.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perilaku body shaming atau mempermalukan bentuk tubuh saat ini masih menjadi hal yang biasa dan tabu di tengah masyarakat kita, padahal dampak yang ditimbulkan sangat merugikan bagi korban yang mengalami body shaming. Rasulullah melarang adanya praktik body shaming hal itu terdapat dalam hadisnya riwayat Tirmidhi nomor indeks 2502. Pada penelitian hadis tentang larangan body shaming ini akan dikorelasikan dengan perilaku yang marak terjadi saat ini yaitu body shaming dan menggali dampak yang ditimbulkan dari segi psikologi. Penelitian ini menitik beratkan pada kajian kritik sanad dan matan hadis serta menggunakan ilmu ma’a>nil al-hadi>s untuk memaknai hadis secara mendalam dan menyeluruh. Tujuan penelitian ini adalah menemukan data kualitas dan kehujjjahan hadis serta memperoleh pemaknaan yang selanjutnya mengkorelasikan makna tersebut dengan perilaku yang terjadi pada saat ini. Penelitian ini bersifat kepustakaan atau library researh, sehingga cara yang digunakan dalam proses analisisnya adalah mengumpulkan data-data kepustakan baik dari buku, kitab, dan jurnal. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah kitab hadis Sunan Tirmidhi. Sedangkan data sekunder diperoleh dari literatur yang memiliki relevansi dengan objek kajian. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini, kualitas hadis tentang body shaming riwayat Tirmidhi nomor indeks 2502 memiliki derajat kualitas sebagai hadis s}ahi<h li< ghairihi dari segi pemaknaan, hadis ini memiliki dua maksud. Pertama Rasulullah tidak suka menceritkan kekurangan orang lain, sebab setiap individu memimiliki kekurangan masing-masing. Kedua, Rasululllah menegur umatnya dan mewanti-wanti untuk tidak mengomentari terhadap fisik seseorang, sebab akan memiliki dampak yang negative bagi korbanya. Hadis ini erat hubunganya dengan perilaku body shaming yaitu perilaku mengomentari, menghina, merundung terhadap fisik seseorang. Perilaku body shaming merupakan perilaku amoral yang memiliki dampak negative bagi psikis seseorang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azhar, M. Fahmifahmiazharrr@gmail.comE95217028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRochmawati, Idaida2rahma@Gmail.com2123017602
Subjects: Psikologi
Hadis
Keywords: Body Shaming; Sunan Tirmidhi.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: M. Fahmi Azhar
Date Deposited: 21 Mar 2021 15:53
Last Modified: 21 Mar 2021 15:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47082

Actions (login required)

View Item View Item