Kontra narasi ekstremisme: studi kasus mahasiswa Ahlith at-Thariqah al-Mu'tabarah an-Nahdliyyah (matan) Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nassrillah, Fifin (2020) Kontra narasi ekstremisme: studi kasus mahasiswa Ahlith at-Thariqah al-Mu'tabarah an-Nahdliyyah (matan) Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fifin Nassrillah_E91216052.pdf

Download (1MB)

Abstract

kontra narasi merupakan sebuah alternatif untuk mempengaruhi pendengar dalam bentuk komunikasi yang berguna mencapai maksud dan tujuan tertentu. Salah satu cara dalam menanggulangi hal tersebut yakni dengan membangun kontra narasi karena banyaknya peristiwa yang telah dibingkai sedemikian rupa. Gencarnya wacana radikalisme baik diakui atau tidak merupakan ancaman bagi keutuhan ummat Islam secara khusus dan bangsa Indonesia secara umum. Selain itu juga dapat menjadi ancaman bagi keutuhan NKRI. Sehingga, dalam hal ini narasi ekstremisme harus dilawan dengan cara penyebarluasan narasi kontranya yakni dengan melalui toleransi, persaudaraan, serta kasih sayang. Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk kontra narasi serta upaya-upaya pencegahannya dalam studi kasus matan surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan observasi lapangan serta wawancara mendalam terhadap para narasumber. Teori yang digunakan adalah teori kontra narasi, bahwa adanya narasi ekstremisme harus dilawan dengan kontra narasi dan sikap penuh cinta. Dari penelitian ini ditemukan matan surabaya dalam melakukan kontra narasinya yakni melalui pesan damai dan penanaman nilai-nilai keindonesiaan seperti melakukan kegiatan yang bersifat formal maupun non formal diantaranya, melakukan ziarah, sowan para masyayikh, ngaji kitab kuning, suluk matan, serta pengkaderan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nassrillah, Fifinfifinnasrillah@gmail.come91216052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozi, Ghozighozi.ichsan@gmail.com2019107701
Subjects: Ahlusunnah Waljama'ah
Tasawuf
Nasionalisme
Keywords: Kontra narasi; Ekstremisme; Matan.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Fifin Nassrillah
Date Deposited: 14 Apr 2021 11:48
Last Modified: 14 Apr 2021 11:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47089

Actions (login required)

View Item View Item