Pengorganisasian pemuda sebagai upaya meningkatkan produktivitas melalui program ‘bina kreatif’ di desa sariwani kecamatan sukapura kabupaten probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahidah, Nur (2021) Pengorganisasian pemuda sebagai upaya meningkatkan produktivitas melalui program ‘bina kreatif’ di desa sariwani kecamatan sukapura kabupaten probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Wahidah_B52216063.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pemuda sebagai generasi penerus bangsa menjadi modal utama dalam pembentukan dan pertumbuhan serta perkembangan sebuah bangsa. Keterlibatan pemuda sebagai agen perubahan (agen of changes) dalam masyarakat mempunyai peran penting sebagai revolusioner sosial di tengah-tengah masyarakat karena mempunyai kemampuan yang lebih, semangat besar, daya pikir yang cepat serta fisik yang masih kuat. Melaui penelitian ini, peneliti mencoba untuk mengembangkan keterampilan yang dimiliki pemuda Desa Sariwani sehingga meraka mampu mengelola potensi serta skill yang ada. Penelitian ini berfokus pada proses pengorganisasian pemuda sebagai upaya meningkatkan produktivitas pemuda melalui potensi yang mereka miliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengorganisasian pemuda melalui program ‘Bina Kreatif’ di Desa Sariwani, serta tingkat keberhasilan pengorganisasian pemuda melalui program ‘Bina Kreatif’ di Desa Sariwani dan relevansi antara pengorganisasian pemuda melalui program ‘Bina Kreatif’ di Desa Sariwani dengan dakwah pengembangan masyarakat Islam.Metode penelitian yang digunakan adalah Asset Based Community Development (ABCD) yang berbasis pada aset dan potensi yang dimiliki oleh pemuda Desa Sariwani. Maka dalam proses peneltian ini, dilakukan melalui pendekatan Appreciative Inquiry (AI) atau siklus 5-D, yaitu Discovery (Menemukan), Dream (Memimpikan), Design (Merancang), Define (Menentukan), Destiny (Monitoring dan Evaluasi). Adapun dalam proses pengumpulan data penelitian menggunakan teknik yang ada dalam metode Participatory Rural Apprasial (PRA).Hasil dari pengorganisasian pemuda yang tertuang dalam program ‘Bina Kreatif’ adalah adanya pelatihan keterampilan (fotografi dan video editing ), pembentukan kelompok pemuda serta pembentukan program kerja. Maka dengan itu terwujudnya kemandirian pemuda melalui pembentukan pangkalan ojek wisata ke B.29 dan P.30 sebagai akses untuk mempermudah para wisatawan serta membuat akun instagram Desa Sariwani untuk mengekspos segala potensi keindahan wisata yang ada. Adapun relevansi dakwah bil hal yang terkandung di dalamnya adalah aktivitas yang dilakukan di mana memanfaat potensi yang mereka miliki dalam proses pengembangan, mengajak masyarakat berbuat hal yang bermanfaat untuk mencapai perubahan yang lebih baik, menjadikan masyarakat yang awalnya tidak tahu menjadi tahu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahidah, Nurnurwahidah0042016@gmail.comB52216063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahrisdyah@gmail.com197804192008012014
Subjects: Pemuda Islam
Pemberdayaan
Keywords: Pemuda; Pengorganisasian: Produktivitas.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nur Wahidah
Date Deposited: 22 Mar 2021 07:22
Last Modified: 22 Mar 2021 07:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47101

Actions (login required)

View Item View Item