Analisis kepentingan pemerintah Djibouti dalam menerima kedatangan pangkalan Militer Asing Tiongkok

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Surya, Mohammad Rahadian (2020) Analisis kepentingan pemerintah Djibouti dalam menerima kedatangan pangkalan Militer Asing Tiongkok. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Rahadian Surya_I72216070.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada tahun 2016, Pemerintah Djibouti menerima permintaan Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) untuk membangun pangkalan militer di Djibouti. Kebijakan tersebut merupakan kebijakan yang dinilai beresiko, mengingat sudah terdapat kedatangan militer Amerika Serikat, yang mana antara Amerika Serikat dengan Tiongkok yang sama-sama memiliki konflik kepentingan dan rivalitas akan berdiri berdampingan di Djibouti. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian eksplanasi. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan penggalian data internet. Teori Rational Choice menurut Graham T. Allison digunakan sebagai kerangka analisis dalam penelitian ini. Hasil dari analisis penelitian ini adalah peneliti mendapatkan kepentingan yang membuat Pemerintah Djibouti menerima permintaan untuk membangun pangkalan militer Tiongkok di Djibouti, antara lain: (1) hubungan antara Djibouti dengan Tiongkok semakin erat, (2) menarik minat investor dari Tiongkok, (3) membantu Djibouti dalam mengatasi permasalahan keamanan yang ada di wilayahnya, (4) memperoleh pendapatan dari biaya sewa lahan yang digunakan sebagai pangkalan militer Tiongkok.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Surya, Mohammad Rahadianrahadiansurya28@gmail.comI72216070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Moh. Fathonimfathonihakim@gmail.com2005018402
Subjects: Politik Internasional
Keywords: Tiongkok; Pangkalan Militer Asing Tiongkok; Djibouti; Kepentingan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Mohammad Rahadian Surya
Date Deposited: 23 Mar 2021 01:17
Last Modified: 23 Mar 2021 01:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47103

Actions (login required)

View Item View Item