“Perubahan Sosial: tradisi ganjuran perspektif Teori AGIL Talcott Parsons di Dusun Dempel Desa Pangean Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Novi Nurul (2021) “Perubahan Sosial: tradisi ganjuran perspektif Teori AGIL Talcott Parsons di Dusun Dempel Desa Pangean Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novi Nurul Hidayah_I73217039.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini ada dua yaitu :(1) Bagaimana proses perubahan sosial dan lunturnya tradisi Ganjuran di Dusun Dempel, (2) Bagaimana respon masyarakat terhadap lunturnya tradisi Ganjuran di Dusun Dempel. Namun, dari rumusan masalah yang pertama terdapat dua sub pembahasan didalamnya, diantaranya adalah tradisi Ganjuran dahulu dan tradisi Ganjuran sekarang. Sedangkan dalam rumusan masalah kedua hanya menjelaskan tentang respon masyarakat Dusun Dempel terhadap perubahan tradisi Ganjuran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam melihat fenomena yang terjadi di Dusun Dempel terkait dengan perubahan sosial dan lunturnya tradisi Ganjuran adalah teori Struktural Fungsional AGIL Talcott Parsons. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa: tradisi Ganjuran dahulu dan tradisi Ganjuran sekarang sudah berubah, baik dari penjelasan masyarakat mengenai sejarahnya, tujuan, dan tahap-tahap pelaksanaan tradisi ini. Hal tersebut terjadi karena adanya perubahan sosial di masyarakat yang menyebabkan terjadinya perubahan pada tradisi Ganjuran. Dari hasil analisis menggunakan teori AGIL Talcott Parsons diketahui bahwa ada adaptasi, tujuan, integrasi, dan pemeliharaan pola pada masyarakat sehingga tradisi Ganjuran di Dusun Dempel terjadi. Selain itu, respon masyarakat mengenai perubahan tradisi Ganjuran ini juga rata-rata menyayangkan. Masyarakat banyak yang berharap tradisi Ganjuran ini dilestarikan sebagai warisan nenek moyang dan keunikan tersendiri suatu daerah. Tapi, sebagai masyarakat yang selalu berubah juga harus beradaptasi dengan lingkungan dan perubahan zaman. Tentunya adaptasi tersebut disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Novi Nurulnovynovi3@gmail.comI73217039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuhartini, Suhartinisuhartini@uinsby.ac.id2013015801
Subjects: Sosiologi
Budaya
Keywords: Perubahan Sosial; Tradisi dan Respon.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Nove Hidayah
Date Deposited: 23 Mar 2021 03:05
Last Modified: 23 Mar 2021 03:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47111

Actions (login required)

View Item View Item