Analisis maslahah mursalah terhadap praktik wakalah jasa calo pembuatan SIM di Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Devi, Nurrohmah Kartika (2020) Analisis maslahah mursalah terhadap praktik wakalah jasa calo pembuatan SIM di Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Nurrohmah Kartika Devi_C02216055.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian kepustakaan untuk menjawab pertanyaan analisis Maslahah Mursalah terhadap Praktik Wakalah Jasa Calo Pembuatan SIM di Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik” guna menjawab permasalahan bagaimana analisis mas{lah{ah mursalah terhadap praktik wakalah jasa calo SIM di Kecamatan Balongpanggang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Sasaran wawancara pada penelitian ini adalah orang yang menggunakan jasa calo, pihak kepolisian, dan orang yang menjadi calo pembuatan SIM. Kemudian, untuk dokumentasi yang dikumpulkan adalah data tentang tarif pembuatan SIM, prosedur atau skema permohonan SIM. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan mas{lah{ah dengan pola pikir deduktif, yaitu menyimpulkan dari yang umum pada yang khusus. Sehingga dapat menarik kesimpulan terkait data tentang praktik wakalah jasa calo pembuatan SIM di Kecamatan Balongpanggang. Penulis menyimpulkan bahwa praktik jasa calo pembuatan SIM ini sudah sesuai dengan rukun dan syarat wakalah, yaitu adanya orang yang memberi kuasa, ada pihak yang menerima kuasa, sesuatu yang dikuasakan dan s{ighat ijab. Kemudian, hasil analisis metode hukum Islam mas{lah{ah mursalah terhadap praktik jasa calo pembuatan SIM dapat dikategorikan menjadi dua kriteria. Kriteria yang pertama adalah apabila pengguna jasa calo pembuatan SIM pada waktu kepengurusannya mempunyai uzur maka hal ini boleh menggunakan calo SIM. Berbeda hasilnya dengan kriteria yang kedua, yaitu praktik ini tidak diperbolehkan dilakukan, dengan alasan jika pengguna jasa calo hanya dengan alasan malas untuk mengurus SIM. Hal ini dinilai tidak efektif dan efisien, karena tidak adanya keadaan yang darurat sehingga dapat menyebabkan kerugian berupa kurangnya edukasi dan ketaatan pemohon SIM secara prosedural. Sejalan dengan kesimpulan diatas, guna mencapai tujuan yang baik. Maka, disarankan kepada pihak-pihak, yakni hasil dari penelitian dapat digunakan oleh masyarakat maupun pihak yang bersangkutan di Kecamatan Balong¬panggang sebagai dasar pertimbangan dan rujukan mengenai pengunaan jasa calo pembuatan SIM.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Devi, Nurrohmah Kartikakartikadevhy016@gmail.comC02216055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurhayati, Nurhayatinurhayati@uinsby.ac.id2027066801
Subjects: Hukum Ekonomi
Keywords: Praktik Wakalah; Calo; Calo pembuatan SIM.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nurrohmah Kartika Devi
Date Deposited: 23 Mar 2021 11:37
Last Modified: 23 Mar 2021 11:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47125

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item