Kafa’ah dalam pernikahan perspektif Muhammad Quraish Shihab dalam Tafsir Al Misbah: studi tafsir analitis terhadap Quran Surat Al-Nur {24}:26

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ula, Nikmatul (2021) Kafa’ah dalam pernikahan perspektif Muhammad Quraish Shihab dalam Tafsir Al Misbah: studi tafsir analitis terhadap Quran Surat Al-Nur {24}:26. Undergraduate thesis, UIN sunan Ampel.

[img] Text
Nikmatul Ula_E93216077.pdf

Download (1MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah kafa’ah dalam pernikahan perspektif muhammad quraish shihab dalam tafsir al misbah adapun tujuan skripsi ini untuk mengetahui konsep kafaah dalam pernikahan menurut Quraish shihab dalam karya tafsirnya yaitu tafsir al-misbah dan untuk menganalisa kontekstualisasikan kafa’ah dengan al quran. Dengan menggunakan metode content analysis, sehingga masalah ini diatasi dengan mencoba mengumpulkan data dari berbagai sumber atau dokumen baik dari buku atau kitab-kitab tafsir. Quraish shihab mengatakan bahwa kafa’ah dalam pernikahan adalah hal sangat yang sangat penting dan menjadi pertimbangan utama untuk mencari pasangan teman hidup. Dianggap penting karena kafa’ah akan dapat menciptakan keserasian dan kesetaraan kehidupan dalam menjalani bahtera rumah tangga. Kafa’ah dalam islam adalah kafa’ah dalam hal harta, keturunan, fisik, dan agama. tetapi islam hanya menekankan pada dalam hal agama seperti yang di katakan oleh Quraish shihab bahwa kafa’ah sangat penting adalah baik dan buruknya seseorang di pandang dalam aspek akhlaknya pada surat an-Nur ayat 26 ini dijelaskan kafa’ah dalam hal baik buruknya seseorang.dan Quraish shihab juga berpendapat bahwa pasangan harus seimbang dalam pandangan hidup Dengan adanya kafa’ah agama dapat mencapai tujuan pernikahan yaitu mewujudkan keluarga yang bahagia dan harmonis. Dari Hasil penelitian skripsi ini Bahwa konsep yang telah di kemukakan oleh Quraish shihab bisa di gunakan untuk orang tua yang mencarikan pasangan untuk anaknya karena quraish shihab menjelaskan kafa’ah ini sesuai dengan kondisi keadaan zaman sekarang. dan diharapkan karya ini mampu memberikan jembatan bagi masyarakat terhadap pesan-pesan dalam kalamnya. Sehingga menjadi solusi masyarakat di Indonesia yang mencari pasangan atau orang tua yang hendak menikahkan anaknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ula, Nikmatulnikmatulula13413@gmail.comE93216077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmami, Khoirulk.umami@uinsby.ac.id0001614
Subjects: Nikah
Keywords: Kafa’ah; Pernikahan; Muhammad Quraish Shihab; Tafsir Al-Misbah.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Nikmatul Ula
Date Deposited: 08 Apr 2021 07:44
Last Modified: 08 Apr 2021 07:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47137

Actions (login required)

View Item View Item