Takwil ayat mutasha̅bihat menurut ‘Abd al- Rahma̅n al-Sulami

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bimantoro, Aryo (2020) Takwil ayat mutasha̅bihat menurut ‘Abd al- Rahma̅n al-Sulami. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aryo Bimantoro_E93215093.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ada dua hal yang hendak dikaji dalam skripsi ini yaitu: 1) penakwilan ayat-ayat mutashabihat menurut ‘Abd al-Rahman al-Sulami. 2) karakteristik takwil tafsir sufistik ‘Abd al-Rahman al-Sulami. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam penelitian ini menggunakan metode analisis-deskriptif yang bersifat kulitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi yang merupakan kumpulan-kumpulan buku, kitab, dan lain sebagainya. Sehingga dapat diperoleh data-data yang berkaitan dengan penelitian. Dalam penulisan ini dapat diketahui bahwa: pertama al-Sulami dalam menjelaskan ayat-ayat Alquran sering kali menggunakan takwil, ditambah takwil al-Sulami ini tidak memiliki batasan, artinya semua ayat-ayat Alquran dijelaskan oleh al-Sulami dengan takwil. Kedua al-Sulami ketika menjelaskan ayat-ayat di atas, al-Sulami hanya menukil interpretasi bebarapa ulama’ tanpa memberikan pandangannya sendiri terhadap ayat tersebut, dengan kata lain al-Sulami tidak banyak memberikan ijtihadnya ketika menafsirkan, melainkan mencuplik pendapat dari para ulama’ yang dianggapnya sesuai dengan jalan pemikirannya. Dengan demikian alasan yang dapat menguatkan penelitian ini adalah karena ‘Abd al-Rahman al-Sulami termasuk tokoh sufi sekaligus mufassir yang banyak menimbulkan kontroversi atas penafsiranya, ‘Abd al-Rahman al-Sulami dalam menjelaskan ayat-ayat mutashabihat dengan menggunakan takwil yaitu metode untuk menjelaskan suatu ayat atau lafal dengan mengalihkan makna aslinya kepada makna yang sesuai dan alasan yang dapat diterima oleh akal manusia. Namun terkadang penggunaan takwil ini al-Sulami tidak hanya pada ayat-ayat mutashabihat dengan selain ayat-ayat mutashabihat pun juga menggunakan takwil. Al-Sulami dalam menggunakan takwil untuk menjelaskan suatu ayat atau lafal hanya mengutip pendapat dari beberapa ulama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bimantoro, AryoِِAryobimbim212@gmail.comE93215093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHadi Sucipto, Mohammadhadi_hz@uinsby.ac.id2010037502
Thesis advisorYardho, Mohmyardho@gmail.com2110068501
Subjects: Al Qur'an
Keywords: ‘Abd al-Rahman al-Sulami; Takwil; Sufi.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Aryo Bimantoro
Date Deposited: 29 Mar 2021 03:01
Last Modified: 29 Mar 2021 03:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47148

Actions (login required)

View Item View Item