Efektifitas penggunaan aplikasi Quizizz dalam mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas IX di MTs Negeri 4 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nasikh, Muhammad (2021) Efektifitas penggunaan aplikasi Quizizz dalam mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas IX di MTs Negeri 4 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Nasikh_D91217116.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini diawali dengan adanya Pandemi Covid 19 yang membawa banyak sekali pengaruh dalam kehidupan manusia terutama dalam bidang pendidikan baik mengenai karakter, sistem dan media yang digunakan. Sehingga proses pendidikan dilakukan dengan sistem tanpa tatap muka/daring. Setiap ada perubahan pasti ada inovasi baru untuk menyeimbangkan perubahan tersebut dan yang pasti perubahan itu tidak akan bisa langsung diseimbangkan, melainkan harus melalui banyak proses. Seperti halnya media pembelajaran yang digunakan untuk menyesuaikan pembelajaran tanpa tatap muka ini, Penelitian ini dipergunakan untuk mengetahui tentang efektifitas aplikasi Quizziz dalam mata pelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MTsN 4 Surabaya. Dengan Permasalahan yang dalai oleh peneliti disini yaitu : (1). Apa yang dimaksud dengan Aplikasi Quizizz ? (2) Bagaimana penerapan Quizizz dalam media pembelajaran E-learning dalam mata pelajaran akidah akhlak kelas IX di MTsN 4 Surabaya? (3). Bagaimana efektifitas penggunaan aplikasi Quizizz dalam mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas IX di MTsN 4 Surabaya di tinjau dari respon peserta didik dan prestasi peserta didik ? (4). Apa faktor pendukung dan penghambat penggunaan aplikasi Quizizz dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 4 Surabaya? Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif Deskriptif, dengan pengumpulan data yang diperoleh melalui, wawancara, Pengumpulan angket, Observasi dan dokumentasi. Data-data dalam penelitian ini diambil dari Guru dan siswa Madrasah yang sedang dijadikan objek dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang diakukan peneliti, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) aplikasi Quizizz adalah media pembelajaran yang berupa aplikasi interaktif yang menyenangkan yang didalamnya berupa kuis,surver, game dan ada juga diskusi. 2) Dalam penerapannya media pembelajaran ini sudah diterapkan di madrasah dan sangat disukai oleh paras siswa. 3) dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, peneliti meras bahwa aplikasi quizizz ini efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil prestasi siswa hal ini dibuktikan dengan termotivasinya siswa dalam mengikuti pelajaran dan mengerjakan soal yang telah diberikan oleh gur, selain itu nilai prestasi siswa juga meningkat.4) walaupun aplikasi ini efektif namun aplikasi ini juga memiliki beberapa kendala seperti aplikasi ini dapat diakses dengan 2 akun sekaligus dalam satu waktu, peringkat siswa mudah naik dan turun, sulit mengetahui siapa yang mengakses aplikasi ini, jika aplikasi ini memliki beberapa kendala pastinya aplikasi ini juga memiliki faktor pendukung, faktor pendukung aplikasi ini adalah aplikasi mudah digunakan dan diakses, penggunaan kuota internet yang tidak terlalu banyak, terdapat kompetisi dalam media ini, soal yang diberikan akan selalu teracak setiap kali diakses.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nasikh, MuhammadNasikh666@gmail.comD91217116
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJazil, Saifuljazilubna@gmail.com2012126901
Thesis advisorAbitholkha, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com2008117102
Subjects: Agama
Pendidikan
Pendidikan > Media
Keywords: Efektifitas; Quizizz; Akidah akhlak.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nasikh Muhammad
Date Deposited: 24 Mar 2021 13:56
Last Modified: 24 Mar 2021 13:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47155

Actions (login required)

View Item View Item