Pengembangan pembelajaran matematika model Blended Learning Berbasis Schoology untuk melatih Self-Regulated Learning Skills

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadiroh, Alvin (2021) Pengembangan pembelajaran matematika model Blended Learning Berbasis Schoology untuk melatih Self-Regulated Learning Skills. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alvin Nadiroh_D74216084.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan self-regulated learning dapat dilatih dengan menerapkan aktivitas pembelajaran yang mendukung optimalisasi kemampuan self-regulated learning, salah satunya yaitu menerapkan model blended learning. Implementasi blended learning membutuhkan media yang mampu memfasilitasi berbagai aktivitas belajar secara online, salah satunya yaitu schoology. Dalam penelitian ini dikembangkan perangkat pembelajaran RPP model blended learning, dan bahan ajar yang dikemas dalam schoology. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, dan kepraktisan dari pengembangan pembelajaran model blended learning berbasis schoology untuk melatih self-regulated learning skills. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan dengan tahapan, (1) tahap define (pendefinisian), (2) tahap design (perancangan), (3) tahap development (pengembangan), (4) tahap disseminate (penyebaran). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu field note dan validasi ahli. Analisis data yang digunakan yaitu analisis field note, analisis kevalidan perangkat pembelajaran, dan analisis kepraktisan perangkat pembelajaran.Hasil analisis data diperoleh bahwa pada tahap define didapatkan informasi pembelajaran matematika di kelas X IPA 5 MAN 2 Gresik menggunakan model pembelajaran konvensional, kurang memaksimalkan pemanfaatan teknologi, siswa cenderung kurang mandiri dan belum bisa bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Pada tahap design dilakukan pembuatan rancangan awal perangkat pembelajaran untuk mengatasi masalah yang ditemukan pada tahap define. Pada tahap development dilakukan validasi perangkat pembelajaran, kemudian dilakukan revisi berdasarkan masukan dari validator. Pada tahap disseminate dilakukan penyebaran perangkat pembelajaran yang telah direvisi kepada guru matematika MAN 2 Gresik agar dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran matematika di MAN 2 Gresik. Hasil kevalidan perangkat pembelajaran diperoleh rata-rata nilai kevalidan RPP sebesar 4,52 dengan kriteria sangat valid, dan rata-rata nilai kevalidan bahan ajar sebesar 4,48 dengan kriteria sangat valid. Hasil pengembangan pembelajaran matematika model blended learning berbasis schoology untuk melatih self-regulated learning skills telah dinilai praktis oleh para ahli dengan rata-rata penilaian “A” yang artinya perangkat pembelajaran dapat digunakan tanpa revisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadiroh, Alvinalvinnadiroh@gmail.comD74216084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Model Blended Learning; Schoology; Self-Regulated Learning Skills.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Alvin Nadiroh
Date Deposited: 26 Mar 2021 09:12
Last Modified: 26 Mar 2021 09:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47163

Actions (login required)

View Item View Item