Hadis tentang keutamaan memakai Imamah menurut Prof. Ali Musthafa Ya'qub

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farida, Norma Azmi (2020) Hadis tentang keutamaan memakai Imamah menurut Prof. Ali Musthafa Ya'qub. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Norma Azmi Farida_E95216039.pdf

Download (5MB)

Abstract

Popularitas hadis yang disebabkan karena adanya motif tertentu, akan menyebabkan nama baik penyebar hadis teracam tidak dipercaya oleh umat muslim. Hadis yang kategorikan hadis palsu merupakan berawal dari fenomena yang mengandung unsur kepentingan tersendiri, demi keuntungan tertentu. Namun, pada penelitian ini, akan mengangkat budaya pemakaian serban yang dimiiliki oleh bangsa Arab, tenyata mampu merasuki masyarakat muslim untuk mengikutinya. Dengan berbagai resepsi yaitu mengandung nilai Sunnah dan memiliki hadis keutamaan memakai serban bagi umat muslim yang memakainya disaat sholat. Kenyataannya, Rasulullah memang mengenakan serban di saat sholat dan pasa saat peristiwa tertentu, namun apakah Rasululah juga bersabda terhadap keutaman memakai serban pada sholat sama saja melakukan 50 kali sholat dari satu kali sholat. Karena hadis ini masuk pada hadis bermasalah sesuai yang ada di kitab al-Maudhu’at karya Ibnu Jauzi. Dengan begitu, tulisan ini akan mengidentifikasi hadis keutamaan memakai serban, melalui metode penelitian hadis, dengan teori kontektualitas hadis dengan tinjuan hermeneutik oleh Yusuf Qardhawi. Kemudian ditarik pada fenomena pemakaian serban di Indonesia, Ali Musthafa Ya’qub mengatakan pemakaian serban di Indonesia masa sekarang merupakan haram. Berangkat pernyataan itu, tulisan ingin mengidentifikasi apa yang menjadikan Ali Musthafa ya’qub seorang pakar hadis mengatakan serban adalah haram. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah sumber pustaka dana beberapa karya dari tokoh Ali Musthafa Ya’qub yang diolah dalam diskriptif analitik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farida, Norma Azminormaazmi3@gmail.comE95216039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmar, Athoillahdakatir@live.com197909142009011005
Thesis advisorIchwayudi, Budib.ichwayudi@uinsby.ac.id2016047602
Subjects: Hukum Islam
Islam
Kebudayaan
Keywords: serban; keutamaan memakai serban; kualitas hadis memakai serban.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Norma Azmi Farida
Date Deposited: 26 Mar 2021 10:37
Last Modified: 26 Mar 2021 10:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47180

Actions (login required)

View Item View Item