Profil proses berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika tipe MST (multiple solution task) dibedakan dari gaya belajar VARK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmayani, Siti (2021) Profil proses berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika tipe MST (multiple solution task) dibedakan dari gaya belajar VARK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Rahmayani_D74216076.pdf

Download (2MB)

Abstract

Proses berpikir kreatif adalah suatu rangkaian kegiatan yang dilakukan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru menggunakan akal budinya dengan metode yang tidak biasa digunakan, dapat berupa gagasan yang baru dengan menggabungkan unsur-unsur yang sudah ada sebelumnya. Proses berpikir kreatif dalam memecahkan masalah matematika dipengaruhi oleh perbedaan gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif dalam memecahkan masalah matematika tipe MST dibedakan dari gaya belajar VARK (Visual, Aural, Write/Read, Kinesthetic). Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari empat siswa dengan ketentuan satu siswa bergaya belajar Visual, satu siswa bergaya belajar Aural, satu siswa bergaya belajar Read/Write, dan satu siswa bergaya belajar Kinesthetic berdasarkan hasil tes gaya belajar VARK yang diberikan kepada kelas VIII MTsN 1 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tugas pemecahan masalah matematika tipe MST dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Proses berpikir kreatif siswa dengan gaya belajar visual pada tahap memahami masalah yaitu mencermati dan mengidentifikasi masalah, menentukan informasi yang relevan, mengkaitkan informasi dengan masalah. Pada tahap merencanakan penyelesaian yaitu menata konsep atau fakta dan menemukan gagasan kunci. Pada tahap melaksanakan rencana dan tahap memeriksa kembali yaitu menguji solusi masalah. (2) Proses berpikir kreatif siswa dengan gaya belajar aural pada tahap merencanakan penyelesaian yaitu menata konsep atau fakta dan menemukan gagasan kunci. Pada tahap melaksanakan rencana dan tahap merencanakan penyelesaian yaitu menguji solusi masalah. (3) Proses berpikir kreatif siswa dengan gaya belajar read/write pada tahap merencanakan penyelesaian yaitu menata konsep atau fakta dan menemukan gagasan kunci. Pada tahap melaksanakan rencana dan tahap memeriksa kembali yaitu menguji solusi masalah. (4) Proses berpikir kreatif siswa dengan gaya belajar kinesthetic pada tahap memahami masalah yaitu mencermati dan mengidentifikasi masalah, menentukan informasi yang relevan, mengkaitkan informasi dengan masalah. Pada tahap merencanakan penyelesaian yaitu menata konsep atau fakta dan menemukan gagasan kunci. Pada tahap melaksanakan rencana dan memeriksa kembali yaitu menguji solusi masalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmayani, Sitisitirahmayani113@gmail.comD74216076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Matematika
Keywords: Proses berpikir kreatif; masalah matematika; Gaya Belajar VARK.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Siti Rahmayani
Date Deposited: 26 Mar 2021 10:46
Last Modified: 26 Mar 2021 10:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47184

Actions (login required)

View Item View Item