Problematika pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) bagi peserta didik di SMP Negeri 23 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umaro, Izza (2021) Problematika pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) bagi peserta didik di SMP Negeri 23 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Izza Umaroh_D91217102.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada masa pandemi covid-19 ini pemerintah mengeluarkan kebijakan seperti social distancing, hingga pembatasan sosial berskala besar (PSSB). Kondisi ini mengharuskan masyarakat untuk tetap berada dirumah, mulai dari bekerja, beribadah maupun belajar dirumah. Pemerintah menganjurkan untuk melaksanakan proses belajar dari rumah melalui pembelajaran daring. pembelajaran daring dapat menggunakan teknologi digital dengan berbagai media pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru. hal ini tentu menjadi tantangan baru bagi guru maupun peserta didik dalam melakukan proses belajar mengajar melalui sistem daring (online). Pelaksanaan pembelajaran daring yang dilakukan secara tiba-tiba ini menimbulkan berbagai problem atau masalah yang terjadi selama proses belajar mengajar, khususnya pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam. Untuk mengetahui hal tersebut, peneliti membuat rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) masa pandemi Covid-19 di SMPN 23 Surabaya 2) Bagaimana evaluasi dan problematika pembelajaran daring masa pandemi covid-19 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) bagi peserta didik di SMPN 23 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan melalui pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang belum sesuai dengan pelaksanaan pembelajaran daring, perbedaan tingkat pemahaman peserta didik dalam mempelajari pelajaran dalam pembelajaran daring, siswa yang tidak memiliki smartphone/ hp dan keterbatasan kuota internet, faktor pendekatan pembelajaran dan kompetensi guru, keterbatasan guru dalam mengontrol berlangsungnya pembelajaran daring serta kurangnya motivasi siswa dalam belajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umaro, Izzaizzascientist99@gmail.comD91217102
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Ali2023016301alimasud.kholqillah@gmail.com
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Keywords: Problematika; Pembelajaran Daring; Mata Pelajaran PAI.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Izzah Umaroh
Date Deposited: 26 Mar 2021 09:57
Last Modified: 26 Mar 2021 09:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47188

Actions (login required)

View Item View Item