Eksistensi pedagang jajanan tradisional di Pasar Blauran Surabaya: dalam tinjauan teori modal sosial Robert D. Putnam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratiwi, Siam Ayu (2020) Eksistensi pedagang jajanan tradisional di Pasar Blauran Surabaya: dalam tinjauan teori modal sosial Robert D. Putnam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siam Ayu Pratiwi_I03216026 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Eksistensi merupakan suatu keadaan atau keberadaan terhadap sesuatu yang masih ada dan bertahan dari dulu hingga sekarang dan keadaannya tersebut tidak bisa lepas dari benak masyarakat. Keberadaan ini dapat dikatakan sebagai sesuatu yang legendaris. Misalnya dalam penelitian ini yang lebih memfokuskan pada pedagang jajan tradisional di Pasar Blauran, bagaimana memeprtahankan usahahnya, apakah dengan alasan turun temurun yang membuat mereka bertahan, dan bagaimana pendapat pembeli mengenai jajan tradisional tersebut.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan untuk melihat fenomena ini yang berhubungan dnegan keberadaan pedagang jajan tradisional di Pasar Blauran, Surabaya adalah teori Modal Sosial Robert D. Putnam. Modal Sosial merupakan sesuatu yang muncul dari setiap individu yang dapat menciptakan sebuah kepercayaan dan hubungan timbal balik diantara mereka melalui norma atau aturan, jaringan sosial berupa interaksi yang baik antar sesama individu maupun individu dengan kelompok dan memiliki pencapaian tujuan yang sama.Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan dengan turun langsung kelapangan mendapatkan jawaban jika sebagian besar pedagang jajan tradisional di Pasar Blauran tersebut menjalani usahanya hingga saat ini secara turun temurun. Dan mereka tetap mempertahankan usahanya meskipun semakin banyak persaingan dizaman modern saat ini. Beberapa masyarakat yang menjadi pembeli atau pelanggan jajan tradisional mengatakan bahwa jajan tradisional yang menjadi wisata kuliner tradisional di Pasar Blauran memiliki rasa yang berbeda dan khas yang tidak berubah dari dulu hingga sekarang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratiwi, Siam Ayusiamayu24@gmail.comI03216026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuhartini, Suhartinisuhartini.rofiq@gmail.com2013015801
Subjects: Jual Beli
Masyarakat
Keywords: Eksistensi; Pedagang; Modal Sosial.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Siam Ayu Pratiwi
Date Deposited: 29 Mar 2021 04:49
Last Modified: 29 Mar 2021 04:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47195

Actions (login required)

View Item View Item