Strategi kepala sekolah dalam menangkal benih-benih Intoleransi dan Radikalisme melalui Pendidikan Agama Islam: studi multi situs pada SMA Khadijah, SMA Muhammadiyah 3 dan SMA Intensif Taruna Pembangunan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohman, Abid (2020) Strategi kepala sekolah dalam menangkal benih-benih Intoleransi dan Radikalisme melalui Pendidikan Agama Islam: studi multi situs pada SMA Khadijah, SMA Muhammadiyah 3 dan SMA Intensif Taruna Pembangunan Surabaya. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abid Rohman_F05331302.pdf

Download (7MB)

Abstract

Isu tentang intoleransi dan radikalisme telah terlembaga di beberapa sekolah, hal tersebut dikuatkan dari hasil beberapa penelitian terdahulu; diantaranya adalah penelitian dari Australia-Indonesia Center pada tahun 2017 yang melibatkan para peneliti dari UIN Walisongo Semarang, dan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dengan menemukan bahwa terdapat kasus radikalisme di 20 sekolah Islam swasta di Jawa Tengah. Tak terkecuali hal tersebut juga terdeteksi di beberapa sekolah di Surabaya diantaranya SMA Khadijah, SMA Muhammadiyah 3 dan SMA ITP Surabaya ‘tentu dalam kadar yang berbeda-beda tingkat keseriusan’ pada setiap kasusnya. Disertasi ini merupakan hasil penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif fenomenologis dengan menggunakan analisa teori Rekayasa Sosial dan Struktural Fungsional untuk melihat Strategi Kepala sekolah di SMA Khadijah, SMA Muhammadiyah 3 dan SMA ITP Surabaya dalam penangkalan benih-benih intoleransi dan radikalisme di lingkungan sekolah. Fokus penelitian ini adalah, pertama, Strategi apa yang dilakukan oleh Kepala Sekolah SMA Khadijah, SMA Muhammadiyah 3 dan SMA Intensif Taruna Pembangunan Surabaya dalam menangkal benih-benih intoleransi dan radikalisme di lingkungan sekolah mereka; kedua, Bagaimanakah peran guru PAI pada sekolah tersebut dalam mendukung strategi kepala sekolah guna menangkal benih-benih intoleransi dan radikalisme yang muncul di lingkungan sekolah mereka.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa; kepala sekolah sebagai ‘agen perubahan’ dalam rekayasa sosial pendidikan telah melakukan penangkalan benih-benih intoleransi dan radikalisme di sekolah melalui Pendidikan Agama Islam yang secara ‘makro’ diimplementasikan ke dalam bentuk aksi preventif dan kuratif dengan tiga model strategi; Pertama, Model strategi kepala sekolah dengan pembelajaran PAI ‘ASWAJA’ sebagaimana dilakukan di SMA Khadijah Surabaya yang secara implementatif dikembangkan dalam Sistem Pendidikan dan Kurikulum Terpadu Yayasan Taman Pendidikan dan Sosial NU Khadijah Surabaya, Kedua, Model strategi kepala sekolah dengan pembelajaran PAI ‘ISMUBA’ yang dikembangkan di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya dalam implementasi kurikulum yang terintegrasi dengan sistem pendidikan dan pengajaran wawasan Ke-Islaman, Ke-Muhammadiyahan dan Bahasa Arab; dan Ketiga, Model strategi kepala sekolah dengan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti sebagaimana yang terimplementasikan pada sistem Pendidikan Agama Islam dan Pengembangan Karakter/Budi Pekerti di SMA ITP Surabaya. Dukungan guru PAI terhadap strategi kepala sekolah secara ‘mikro’ dalam penangkalan benih-benih intoleransi dan radikalisme pada masing-masing sekolah diwujudkan dalam perannya sebagai pengajar (mu’allim), pendidik (murabby), motivator serta role model dalam proses pendidikan, pengajaran serta bersikap bagi sisa/siswi dan masyarakat sekolah. Penelitian ini berimplikasi pada penguatan teori rekayasa sosial pendidikan dan teori struktural-fungsional yang menyatakan bahwa lembaga sekolah merupakan minatur dari masyarakat yang telah menjalankan fungsinya untuk melakukan rekayasa sosial pendidikan guna menangkal benih-benih intoleransi dan radikalisme yang muncul semenjak di lingkungan sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohman, Abidabidabufida@gmail.comF05331302
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHilmy, Masdarmasdar.hilmy@gmail.com2002037101
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Bimbingan Penyuluhan
Keywords: Strategi Kepala Sekolah; Benih-Benih Intoleransi; Radikalisme; PAI.
Divisions: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abid Rohman Rohman
Date Deposited: 29 Mar 2021 23:39
Last Modified: 29 Mar 2021 23:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47213

Actions (login required)

View Item View Item