Perancangan pusat Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dengan pendekatan Urban Retrofitting di Kota Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Diah Tri Pravita (2021) Perancangan pusat Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dengan pendekatan Urban Retrofitting di Kota Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diah Tri Pravita Sari_H93214028.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembangunan daerah, sektor industri dan jasa seringkali dijadikan sebagai pendukung pembangunan, baik dalam segi ekonomi maupun peningkatan daerah. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sangatlah penting bagi sumber pertumbuhan kesempatan kerja dan perkembangan ekonomi di Indonesia yang berawal dari usaha rumahan, kelompok perajin, dan peternak. Perancangan Pusat UMKM di Tanggulangin, Sidoarjo dengan Pendekatan Urban Retrofitting dan nilai-nilai Asitektur Islam dapat menjadi solusi untuk meningkatkan eksistensi dan mengenalkan UMKM di Tanggulangin serta dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Perancangan Pusat UMKM yang dapat berintegrasi antara ekonomi dan lingkungan dengan menggunakan konsep “Community Identity and Sense of Place, Local Interconectivity, Linkage Visual-Walkability dan 3 in 1 (Wisata Belanja, Wisata Budaya dan Kuliner, dan Wisata Edukasi Industri)” untuk mencapai tujuan tersebut dan dapat mengatasi permasalahan yang ada. Penerapan konsep “Community Identity and Sense of Place, Local Interconectivity, Linkage Visual-Walkability dan 3 in 1 (Wisata Belanja, Wisata Budaya dan Kuliner, dan Wisata Edukasi Industri)” dalam desain meliputi bentuk bangunan yang menjadi identitas dari Tanggulangin dan memasukkan infrastuktur hijau merupakan hal dasar dalam terciptanya lingkungan yang berkelanjutan, konsep sirkulasi bangunan yang dapat berdampak positif bagi bangunan, serta konsep interior-eksterior yang memberikan rasa nyaman kepada pengguna bangunan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Diah Tri Pravitapravita1903@gmail.comH93214028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHapsari, Oktavi Elokoktagaudielok@gmail.com2004108501
Thesis advisorWidiastuti, Mega Ayundyam_ayundya@yahoo.com2010038701
Subjects: Arsitektur
Keywords: Pusat UMKM; Urban Retrofitting; Sustainable Building.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Diah Sari
Date Deposited: 01 Apr 2021 11:56
Last Modified: 01 Apr 2021 11:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47234

Actions (login required)

View Item View Item