Peran perempuan di Lembaga Legislatif Kabupaten Mojokerto dalam perspektif Kontruksi Sosial: ditinjau dengan teori Kontruksi Sosial Peter L Berger

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufarrochah, Lailiyul (2020) Peran perempuan di Lembaga Legislatif Kabupaten Mojokerto dalam perspektif Kontruksi Sosial: ditinjau dengan teori Kontruksi Sosial Peter L Berger. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailiyul Mufarochah_I03216012.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berawal ketertarikan peneliti terhadap kiprah perempuan di lembaga legislatif kabupaten Mojokerto. Yang mana setiap pesta demokrasi keterwakilan perempuan selalu meningkat. Dalam melihat fenomena diatas, jika kita melihat ke belakang bahwa perempuan dianggap tabuh ketika masuk di lembaga legislatif. Bahkan, ada yang mengatakan lembaga legislatif adalah ranah laki-laki. Sebab perempuan memilki langkah sempit dan berfikir irasional. di gedung DPRD kab. Mojokerto dulunya ada kebijakan yang tidak mampu memposisikan perempuan dengan ramah. Misalnya perempuan harus duduk dibelakang laki-laki didepan. Tentu saja kebijakan tersebut merugikan mereka, kebebasan mereka dibatasi serta tidak diberikan ruang. dari hal tersebut perempuan sadar bahwa siapapun bisa duduk di lembaga legislatif. Karena pada dasarnya laki-laki dan perempuan memiliki kesempatan yang sama dalam hal apapun. Sehingga disini perempuan di lembaga legislatif harus mengeluarkan tenaga berkali-kali lipat agar masyarakat percaya pada kualitas dan kapabilitas mereka. Jika dulu perempuan dikontrusksi ke hal yang tidak menguntungkan. Disini perempuan legislatif mencoba mengkontruksi ulang ke hal yang menguntungkan perempuan. Dimulai dari lingkungan mereka misalnya. Mereka selalu menyuarakan agar perempuan bisa berdiri tegak serta mampu melebarkan sayapnya. Kontruksi yang mereka buat secara tidak langsung sudah berjalan dibuktikkan dengan banyaknya keterwakilan perempuan di lembaga legislatif. dan hal tersebut didukung oleh pengetahuan masyarakat tentang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan di DPRD Kabupaten Mojokerto. yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Informan adalah perempuan anggota legislatif kabupaten mojokerto. Proses pengumpulan data didapat melalui observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Teknik dalam melakukan analisis data menggunakan interaktif yaitu pengumpulan data dan penyajian data. Sedangkan teori yang digunakan yaitu Teori Kontruksi Sosial Peter L Berger. Hasil penelitian skripsi ini menunjukkan bahwa peran perempuan di lembaga legislatif kabupaten Mojokerto memiliki peran vital. Diantaranya perempuan di lembaga legislatif membuat kebijakan yang mampu memposisikan perempuan dengan ramah, sebagai role model untuk perempuan lain, serta menjadi roda penggerak. tugas yang mengharuskan perempuan lembaga legislatif bercengkrama dengan masyarakat serta berbicara. Maka secara tidak langsung perempuan di lembaga legislatif memberikan edukasi kepada masyarakat khusunya perempuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufarrochah, Lailiyullailiyulg@gmail.comI03216012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRolis, Moch. Rolisilyasrolis@gmail.com2018047701
Subjects: Pemerintahan Legislatif
Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Keywords: Peran; Perempuan; Kontruksi Sosial.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Mufarrochah Lailiyul
Date Deposited: 01 Apr 2021 08:32
Last Modified: 01 Apr 2021 08:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47247

Actions (login required)

View Item View Item