Hadis tentang psikosomatis: studi Ma’ānī al Hadis Riwayat Sunan Ibn Mājah Nomor Indeks 3984 Perspektif Psikologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nuronia, Siti (2021) Hadis tentang psikosomatis: studi Ma’ānī al Hadis Riwayat Sunan Ibn Mājah Nomor Indeks 3984 Perspektif Psikologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nuronia_E95216074.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pada era modern gaya hidup manusia menjadi lebih dinamis, serba cepat, penuh kompetisi dan tekanan. Dunia yang menuntut manusia bekerja lebih cepat, efisien, dan penuh tekanan tentu memberikan dampak yang positif dan negatif. Semakin produktif, keterbukaan informasi, dan waktu yang semakin efisien adalah dampak positif dari modernisasi. Sedangkan dampak negatif dari adanya modernisasi adalah gaya hidup yang semakin konsumtif, hubungan interpersonal dalam keluarga atau masyarakat terganggu, dan kondisi psikologis dan mental yang tidak sehat karena banyaknya tuntutan dan stres. Oleh karena itu, menjaga kesehatan psikis tidak kalah pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik, karena kedua hal ini saling berkaitan satu sama lain. Dalam ilmu psikologi keadaan psikis dapat memberi pengaruh terhadap fisik dinamakan dengan psikosomatik. Hal ini senada dengan hadis Nabi Muhammad SAW yang tercantum dalam kitab Sunan Ibn Majah no indeks 3984 yang menjadi objek penelitian, bahwa apabila hati seseorang itu dalam keadaan baik maka jasmaniahnya pun juga baik. Penelitian ini fokus pada kajian matan dan sanad hadis, serta bagaiaman makna hadis tersebut apabila dilihat dari sudut pandang psikologi. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode library research atau kajian pustaka, sehingga proses analisisnya dengan cara mengumpulkan berbagai data baik dari buku, kitab, jurnal, dan berbagai sumber lain. Kitab Sunan Ibn Mājah menjadi rujukan utama dalam penelitian ini dan didukung dengan kitab-kitab hadis lain sehingga diperoleh hasil penelitian. Dari analisa yang telah dilakukan didapatkan sebuah kesimpulan bahwa hadis tentang psikosomatis yang menjadi objek penelitian menekankan pentingnya memelihara atau menjaga hati agar tetap dalam keadaan baik atau positif. Kemudian dapat diketahui juga bahwa hadis yang menjadi objek penelitian berstatus sāhīh. Dalam teori psikosomatik jika gangguan psikis muncul secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama dan tidak segera ditangani maka akan menimbulkan gangguan pada fisik bahkan dapat berakibat fatal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nuronia, Sitisitinuronia@gmail.comE95216074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodijah, Khodijahuchykhadijah@yahoo.com2010116601
Thesis advisorIlmiyah, Dakhirotuldakhirotulilmiyah74@gmail.com2007027401
Subjects: Psikologi
Hadis
Keywords: Psikosomatik; Psikologi; Sunan Ibn Mājah.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Siti Nuronia
Date Deposited: 06 Apr 2021 12:44
Last Modified: 06 Apr 2021 12:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47249

Actions (login required)

View Item View Item