Pengembangan perangkat pembelajaran matematika Model RMS (Reading, Mind Mapping, And Sharing) berbantuan Aplikasi Xmind 8 untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Permatasari, Widiya Intan (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika Model RMS (Reading, Mind Mapping, And Sharing) berbantuan Aplikasi Xmind 8 untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Widiya Intan Permatasari_D04216036.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu komponen penting dari keterampilan abad 21 yang harus dimiliki oleh peserta didik adalah kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis dapat dilatihkan dalam proses pembelajaran dengan perencanaan pembelajaran yang tepat. Pada penelitian ini dikembangkan perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping, and Sharing) yang bisa digunakan untuk melatih kemampuan berpikir kritis. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, dan kepraktisan perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan. Perangkat pembelajaran dikembangkan mengacu pada model pengembangan Plomp yang terdiri dari 3 fase, yaitu: (1) fase investigasi awal (preliminary research); (2) fase pembuatan prototipe (prototyping phase); dan (3) fase penilaian (assessment phase). Data penelitian dikumpulkan dengan teknik catatan lapangan (field note) dan validasi ahli. Selanjutnya, data penelitian yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif, analisis kevalidan, dan analisis kepraktisan. Hasil analisis data menunjukkan: (1) Proses pengembangan perangkat pembelajaran pada fase investigasi awal diperoleh bahwa pembelajaran di kelas masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru dengan kurikulum 2013 edisi revisi 2020. Selanjutnya pada fase pembuatan prototipe dihasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD yang disesuaikan dengan model pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping, and Sharing) berbantuan aplikasi XMind 8 untuk melatih kemampuan berpikir kritis. Fase ketiga, fase penilaian hanya bisa dilakukan kegiatan validasi ahli oleh empat validator saja tanpa dilakukannya kegiatan uji coba produk; (2) Perangkat pembelajaran dinyatakan “valid” dengan rata-rata total kevalidan RPP sebesar 3,98 dan rata-rata total kevalidan LKPD sebesar 3,92; (3) Perangkat pembelajaran dinyatakan “praktis” dengan rata-rata penilaian kepraktisan RPP dan LKPD masing-masing adalah “B” yang artinya keseluruhan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dapat digunakan dengan sedikit revisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Permatasari, Widiya Intanpwidiyaintan@gmail.comD04216036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Pengembangan; Perangkat Pembelajaran; Model RMS (Reading, Mind Mapping, and Sharing); Aplikasi XMind 8; Kemampuan Berpikir Kritis.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: WIDIYA INTAN PERMATASARI
Date Deposited: 02 Apr 2021 03:25
Last Modified: 02 Apr 2021 03:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47259

Actions (login required)

View Item View Item