Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk mewujudkan kesejahteraan warga Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanifah, Elok (2020) Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk mewujudkan kesejahteraan warga Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elok Hanifah_I03216007.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti mengkaji dua permasalahan yang pertama yaitu, Bagaimana bentuk pengelolaan BUMDES di Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto, kedua Bagaimana upaya partisipasi masyarakat dalam mengembangkan pengelolaan BUMDES untuk mewujudkan kesejahteraan Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah melihat fenomena tersebut peneliti dapat menganalisa dengan menggunakan teori Tindakan Sosial, oleh Max Webber & Talcot Parsons dan Deliberatif Ruang Publik oleh Habermas. Dari hasil penelitian BUMDES Di Desa Ketapanrame Pengelolaan BUMDES diambil dari masyarakat sendiri dengan tujuan untuk memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Untuk mengkaji penelitian ini, peneliti dapat menganalisa dengan menggunakan teori Tindakan Sosial dari Max Webber &Talcot Parsons dan Ruang Publik dari Habermas. Tindakan Sosial dari Max Webber dan Talcot Parsons merupakan bentuk kesadaran individu maupun kelompok dalam partisipasi masyarakat. Eksistensi ruang publik yang diartikan sebagai ruang terbuka yang digunakan untuk masyarakat dalam menyampaikan ide atau gagasan dalam sebuah musyawarah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanifah, Elokelokhanifah143@gmail.comI03216007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, Sitiazizahryan@yahoo.co.id2001037701
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Sosiologi
Keywords: BUMDES; Partisipasi Masyarakat; Kesejahteraan.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Hanifah Elok
Date Deposited: 02 Apr 2021 03:07
Last Modified: 02 Apr 2021 03:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47260

Actions (login required)

View Item View Item