Parenting style orang tua yang anaknya berhadapan dengan hukum: kasus mencuri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khabiba, Windhya Rifatul (2021) Parenting style orang tua yang anaknya berhadapan dengan hukum: kasus mencuri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Windhya Rifatul Khabiba _J01216044.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pola asuh adalah bentuk pengasuhan orang tua untuk menanamkan disiplin pada anaknya, pada akhirnya akan membentuk kepribadian dan perilaku anak. terdapat tida tipe pola asuh yaitu pola asuh otoriter, pola asuh demokrasi dan pola asuh permisif. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran parenting style orang tua yang anaknya berhadapan dengan hukum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara yang dilakukan kepada subjek dan significant other. Subjek dalam penelitian ini sejumlah 4 remaja yang berjenis kelamin laki-laki dengan rentang usia 12-18 tahun dan pernah terlibat dengan hukum sampai proses diversi. Keempat subjek terlibat kasus pencurian komputer di salah satu Madrasah Tsanawiyah dan sampai tahap Penyidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang dimunculkan dari keempat subjek adalah pola asuh otoriter. Pola asuh otoriter sendiri yaitu pola asuh orang tua yang cenderung menetapkan standart mutlak harus dipatuhi, biasanya bersamaan dengan anceman-ancaman. Pola asuh otoriter pada penelitian ini berdampak perilaku negatif bagi keempat subjek.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khabiba, Windhya Rifatulwindhyarifatul826@gmail.comJ01216044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFauziyah, Nailatintaskforcenaila9@gmail.com2012067403
Subjects: Psikologi Sosial
Keywords: Parenting style; Orang tua; Anak yang berkonflik dengan hukum; Pencuri.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Windhya Rifatul Khabiba
Date Deposited: 02 Apr 2021 04:58
Last Modified: 02 Apr 2021 04:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47261

Actions (login required)

View Item View Item