Pengembangan perangkat pembelajaran dengan Strategi Whole Brain Teaching (WBT) untuk melatihkan kemampuan pemahaman konsep Matematika Peserta Didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahma, Mas Atikah Ash Shufi (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran dengan Strategi Whole Brain Teaching (WBT) untuk melatihkan kemampuan pemahaman konsep Matematika Peserta Didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mas Atikah Ash Shufi Fahma_D04216021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematika merupakan salah satu aspek paling mendasar yang harus dimiliki oleh peserta didik untuk berkembangnya materi lebih lanjut. Namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep yang dimiliki peserta didik masih terbilang rendah. Pada penelitian ini dikembangkan perangkat pembelajaran matematika menggunakan model kooperatif dengan strategi Whole Brain Teaching (WBT) yang memiliki tujuh teknik, yakni class-yes, five classroom rules, hands and eyes, mirror, teach-okay, switch-okay, dan scoreboard yang dimaksudkan untuk melatih kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses, kevalidan dan kepraktisan perangkat yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE yakni Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan modul pembelajaran matematika pada materi sudut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni teknik catatan lapangan (field note) yang digunakan untuk memperoleh data proses pengembangan perangkat pembelajaran, dan teknik validasi ahli yang digunakan untuk memperoleh data kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa proses pengembangan perangkat hanya bisa dilakukan menggunakan tiga tahapan awal ADDIE, dua tahap lainnya yakni implementation dan evaluation tidak dapat dilaksanakan karena adanya wabah pandemi Covid-19. Pada tahap analysis diketahui bahwa kemampuan pemahaman konsep peserta didik masih kurang. Selanjutnya, pada tahap design dirancang perangkat pembelajaran yang akan dikembangkan yakni RPP dan modul, perangkat pembelajaran tersebut memiliki aktivitas-aktivitas yang dapat melatihkan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik. Selain itu, dirancang pula instrumen-instrumen penelitian lain yang dibutuhkan seperti lembar tes kemampuan pemahaman konsep matematika, serta lembar validasi dan kepraktisan. Kemudian pada tahap development, dikembangkan perangkat sesuai rancangan pada tahap sebelumnya untuk kemudian divalidasi oleh empat orang validator. Hasil validasi menyatakan bahwa perangkat pembelajaran dikatakan “valid” dengan rata-rata total kevalidan RPP sebesar 4,03, dan rata-rata total kevalidan modul pembelajaran matematika sebesar 4,08. Perangkat pembelajaran dikatakan “praktis” dengan rata-rata penilaian “B” yang artinya perangkat pembelajaran dapat digunakan dengan sedikit revisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahma, Mas Atikah Ash Shufiatikah.ashshufi18@gmail.comD04216021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Whole Brain Teaching (WBT); Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahma Mas Atikah Ash Shufi
Date Deposited: 04 Apr 2021 05:56
Last Modified: 04 Apr 2021 05:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47262

Actions (login required)

View Item View Item