Analisis proses berpikir reflektif siswa dalam memecahkan masalah Matematika ditinjau dari Gaya Belajar Kolb

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Latifa, Lutfatul (2021) Analisis proses berpikir reflektif siswa dalam memecahkan masalah Matematika ditinjau dari Gaya Belajar Kolb. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lutfatul Latifa_D04216020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Proses berpikir reflektif merupakan serangkaian aktivitas mental yang dilakukan siswa dengan menghubungkan pengetahuan yang diperoleh sebelumnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi dengan tepat yaitu dengan langkah-langkah: merasakan dan mengidentifikasi masalah, membatasi dan merumuskan masalah, mengajukan beberapa kemungkinan alternatif solusi pemecahan masalah, mengembangkan ide untuk memecahkan masalah dengan cara mengumpulkan data yang dibutuhkan, dan melakukan tes untuk menguji solusi pemecahan masalah dan menggunakannya sebagai pertimbangan membuat kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir reflektif siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar Kolb. Klasifikasi gaya belajar David A Kolb yang digunakan dalam penelitian ini yaitu accomodator (Ac), dan converger (Co). Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari dua siswa bergaya belajar accomodator (Ac) dan dua siswa bergaya belajar converger (Co) berdasarkan hasil angket gaya belajar Kolb yang diberikan kepada kelas IX MTsN 4 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara berbasis tugas. Analisis data yang dilakukan yaitu analisis tugas penyelesaian masalah dan wawancara berbasis tugas. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh bahwa: (1) Proses berpikir reflektif siswa dengan gaya belajar accomodator dalam pemecahan masalah matematika dimulai dari siswa mengenali masalah melalui proses mengubah hal yang diketahui dan ditanyakan menjadi model matematika dalam bentuk sistem persamaan linier dua variabel, merumuskan masalah dengan proses memilah informasi yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan tepat, menjelaskan solusi pemecahan masalah dengan konsep persamaan linear dua variabel, tidak melakukan pengembangan ide dalam menyelesaikan masalah, dan melakukan pemeriksaan kembali jawaban yang ia peroleh tanpa menguji dengan jawaban alternatif lain serta memberikan kesimpulan dengan benar. (2) Proses berpikir reflektif siswa dengan gaya belajar converger dalam pemecahan masalah matematika dimulai dari siswa mengenali masalah melalui proses mengubah hal yang diketahui dan ditanyakan menjadi beberapa model matematika, merumuskan masalah dengan proses memilah informasi yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan tepat, menjelaskan solusi pemecahan masalah dengan konsep persamaan linear dua variabel, memberikan ide jawaban atau alternatif lain dalam menyelesaikan masalah dengan penyelesaian logika, dan melakukan pemeriksaan kembali jawaban dengan menguji jawaban alternatif lain serta memberikan kesimpulan dengan benar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Latifa, Lutfatullatifalutfatul@gmail.comD04216020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamdani, A. Saepulasepsaepulhamdani@uinsby.ac.id2031076501
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Proses Berpikir Reflektif; Masalah Matematika; Gaya Belajar Kolb.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Latifa Lutfatul
Date Deposited: 03 Apr 2021 11:25
Last Modified: 03 Apr 2021 11:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47268

Actions (login required)

View Item View Item