Wacana humor Satiris dalam Video Last Hope Kitchen episode Pudding Babi Saus Kurma di YouTube: analisis wacana kritis Teun A, Van Dijk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prastiwi, Nur Annisa (2021) Wacana humor Satiris dalam Video Last Hope Kitchen episode Pudding Babi Saus Kurma di YouTube: analisis wacana kritis Teun A, Van Dijk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Annisa Prastiwi_E91215039.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perjalanan humor dalam melewati berbagai macam problematika kehidupan, membuatnya terus berkembang melalui tataran bahasa. Humor tidak lagi menjadi sesuatu yang menghibur saja, akan tetapi bisa menjadi jalan keluar yang efektif dan kreatif dalam penyampaian kritik terhadap realitas sosial. Keberadaannya ingin menunjukkan sisi subjektif pemikiran manusia. Salah satu humor yang memiliki potensi tersebut, yaitu humor dalam Last Hope Kitchen episode Pudding Babi Saus Kurma pada akun YouTube Tretan Muslim. Penelitan ini difokuskan pada dua hal, yang pertama yaitu wujud humor, yang kedua menemukan wacana humor satiris dalam video Pudding Babi Saus Kurma. Peneliti mengumpulkan beberapa scene yang ditranskrip sebagai bahan yang akan di analisis, kemudian dikaji dengan teori analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk untuk mengupas wacana yang ada dalam video. Dengan demikian, dalam penelitian ini dapat ditemukan wujud humor satiris, yang berupa penggunaan permainan kata, sindiran, makna ironi, dan kemustahilan. Selain itu, ditemukan juga konteks sosial yang berkembang di masyarakat yang berkaitan dengan kasus intoleran dan isu SARA di Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prastiwi, Nur Annisaabsen43@gmail.comE91215039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurhayati, Aniekaniekn@gmail.com2007096902
Thesis advisorUmam, Muchammad Helmihelmi.umam@uinsby.ac.id2004057901
Subjects: Agama
Filsafat
Humor
Keywords: Wacana humor; Humor; Satiris; Kritik Sosial; Analisis Wacana; Teun A. Van Dijk
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Nur Annisa Prastiwi
Date Deposited: 03 Apr 2021 11:32
Last Modified: 03 Apr 2021 11:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47272

Actions (login required)

View Item View Item