Peran Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Arum Tani Ketapang Lor Ujung Pangkah Gresik dalam meningkatkan kesejahteraan anggota perspektif etika konsumsi Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Nur Wahyuni (2021) Peran Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Arum Tani Ketapang Lor Ujung Pangkah Gresik dalam meningkatkan kesejahteraan anggota perspektif etika konsumsi Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Wahyuni Hidayati_G94216196.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yang mana proses pencarian datanya berdasarkan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi kepada Staff Desa Ketapang Lor, Pengurus Gapoktan Arum Tani, serta anggota Gapoktan Arum Tani Desa Ketapang Lor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik Gapoktan Arum Tani dalam pertanian di Desa Ketapang Lor adalah memberikan pinjaman modal usaha, melakukan pertemuan rutin, penyuluhan pertanian, penyedia pupuk bersubsidi, dan penerapan teknologi pertanian. Dari hasil wawancara menunjukkan Gapoktan Arum Tani Ketapang Lor berperan dalam meningkatkan kesejahteraan anggota gapoktan. Keberadaan Gapoktan Arum Tani mengubah pengelolahan pertanian menjadi lebih baik sehingga hasil produksi pertanian petani meningkat dan kesejahteraan bisa tercapai. Sedangkan etika konsumsi anggota gapoktan sudah berdasarkan syariat Islam, yaitu barang yang diperoleh dengan cara yang baik dan halal, bermanfaat, serta tidak berlebih-lebihan. Berdasarkan hasil penelitian diatas, saran peneliti kepada pengelola Gapoktan Arum Tani Desa Ketapang Lor diharapkan bisa melakukan kegiatan yang bersinergi antar kelompok tani wilayah lain dengan hasil panen yang berbeda sehingga petani yang berada di Desa Ketapang Lor bisa mudah mengkonsumsi hasil produksi pertanian lain dan mendapatkan harga yang lebih murah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Nur Wahyuninurwahyunihidayati96@gmail.comG94216196
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWigati, Srisriwigatiwiwik@gmail.com2021027302
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Etika
Keywords: Peran Gapoktan; Kesejahteraan; Etika Konsumsi Islam.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nur Wahyuni Hidayati
Date Deposited: 04 Apr 2021 09:53
Last Modified: 04 Apr 2021 09:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47274

Actions (login required)

View Item View Item