Pengaruh service quality dan corporate image terhadap loyalitas nasabah: studi kasus pada nasabah tabungan BPRS Baktimakmur Indah Cabang Sepanjang, Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nikmah, Rochmatin (2020) Pengaruh service quality dan corporate image terhadap loyalitas nasabah: studi kasus pada nasabah tabungan BPRS Baktimakmur Indah Cabang Sepanjang, Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rochmatin Nikmah_G94216127.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Service Quality dan Corporate Image Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Pada Nasabah Tabungan BPRS Baktimakmur Indah Cabang Sepanjang, Sidoarjo)” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tetang permasalahan yang sering terjadi dalam dunia lembaga keuangan terutama dalam perbankan syariah. Penelitian ini dilakukan di BPRS Baktimakmur Indah Cabang Sepanjang, Sidoarjo. Di mana penelitian ini mengambil fokus pada Service Quality (kualitas layanan) serta Corporate Image (Citra Perusahaan) yang merupakan variabel penting dalam menciptakan Loyalitas Nasabah. Metodologi penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif asosiatif melalui kuesioner dengan menggunakan skala likert. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Peneliti menggunakan Non Probability Sampling, yakni teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang atau kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada saat penelitian adalah Purposive Sampling, yakni teknik pengambilan sampel dengan cara menetapkan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian sehingga diharapkan dapat menjawab permasalahan penelitian dan data yang diperoleh nantinya bisa lebih representatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial service quality tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah sebesar 0,028. Hal ini ditunjukkan bahwa nilai t-hitung 0,851 < dari t-tabel 3.592 artinya tidak signifikan, dan nilai p-value 0,39 > 0,05 artinya juga tidak signifikan. Sedangkan hasil analisis menunjukkan bahwa corporate image berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah sebesar 0,260. Hal ini ditunjukkan bahwa nilai t-hitung 3.653 > dari t-tabel 3.592. Artinya signifikan, dan nilai p-value 0,000 < 0,05 artinya juga signifikan. Pengaruh variabel independen service quality (X1) dan corporate image (X2) secara simultan dengan loyalitas nasabah (Y) BPRS Baktimakmur Indah Cabang Sepanjang Sidoarjo menunjukkan kriteria cukup kuat.Pada permasalahan yang sedang diteliti diketahui bahwa F-hitung (8.696) > F-tabel 3.07) maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga regresi sudah benar dan layak. Indikator yang memiliki pengaruh paling dominan dari variabel Service Quality terhadap loyalitas nasabah adalah indikator Memenuhi Harapan terutama dari segi layanan Pick Up Service yang diberikan oleh BPRS Baktimakmur Indah Cabang Sepanjang, Sidoarjo. Indikator yang memiliki pengaruh paling dominan dari variabel Corporate Image terhadap loyalitas nasabah adalah indikator Karakteristik Perusahaan terutama dari segi Lokasi BPRS Baktimakmur Indah Cabang Sepanjang, Sidoarjo yang strategis dan mudah diakses oleh nasabah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nikmah, Rochmatinrochmatin15@gmail.comG94216127
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Ah. Aliaaarifin07@gmail.com2014126201
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Keywords: Service Quality; Corporate Image; Loyalitas Nasabah.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: ROCHMATIN NIKMAH
Date Deposited: 03 Apr 2021 11:43
Last Modified: 03 Apr 2021 11:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47281

Actions (login required)

View Item View Item