Peran HOME INDUSTRY kerajinan gerabah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di Desa Rendeng Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustina, Silvia Tri (2020) Peran HOME INDUSTRY kerajinan gerabah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di Desa Rendeng Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Silvia Tri Agustina_G71216052.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metodelogi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi kasus pada objek. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dengan informan, yaitupengusaha kerajinan gerabah di Desa Rendeng, Kepala desa Rendeng, pengelola wisata edukasi gerabah dan masyarakat yang ada di Desa Rendeng Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro. Dari hasil penelitian ini yang telah diperoleh oleh peneliti pada pengusaha kerajinan gerabah dengan tujuan mengetahui peranan industri gerabah di Desa Rendeng mampu meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya keluarga, hal ini dapat dibuktikan dengan (1) membuka lapangan pekerjaan, (2) kesadaran akan pentingnya pendidikan, dibuktikan dengan strata I masyarakar Desa Rendeng setiap tahunnya mengalami peningkatan. Tinjauan dalam home industry gerabah mampu memberikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam perekonomian masyarakat Desa Rendeng . Faktor pendukung tersebut diantaranya: (a) mampu memanfaatkan bahan baku lokal, (b) tersedianya lapangan pekerjaan sehingga mampu mengurangi angka pengagguran. Namun dari faktor pendukung tersebut, terdapat faktor penghambat dalam meningkatkan ekonomi masyarakat diantaranya: (a)faktor cuaca yang tidak menentu, (b) modal yang terbatas,(c) belum adanya pelatihan oleh pemerintah untuk mengoptimalkan wisata edukasi gerabah sehingga mampu meningkatkan pendapatan pengrajin dengan upaya memberikan pelatihan baik itu pelatihan dalam segi produksi maupun dalam segi pemasaran produk.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustina, Silvia Trisilviatriagustin88@gmail.comG71216052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdul--2004087004
Subjects: Ekonomi
Keywords: Home Industry; Home Industry; Ekonomi Masyarakat.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: silvia tri agustina
Date Deposited: 06 Apr 2021 12:32
Last Modified: 06 Apr 2021 12:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47286

Actions (login required)

View Item View Item