Manajemen emosi pada Tarekat: studi kasus terhadap tarekat Syadziliyah al-Mas’udiyah Diwek Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febrianty, Iid Rahmania (2021) Manajemen emosi pada Tarekat: studi kasus terhadap tarekat Syadziliyah al-Mas’udiyah Diwek Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iid Rahmania Febrianty_E97216018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan datanya terdiri dari observasi, wawancara (Deep Interview) dan juga dokumentasi. Lamanya penelitian ini selama tujuh bulan di pondok pesantren al-Urwatul Wutsqo, sebelum pandemi covid-19 datang ke Indonesia. Dengan wawancara, interview disertai dengan observasi. Di analisis kemudian dijadikan kedalam bentuk deskripsi. Faedah yang dapat diperoleh pada riset ini adalah mendapatkan insight baru tentang manfaat tarekat yang baik dalam kesehatan jasmani, rohani serta mengontrol psikis (emosi) pada diri sendiri. Hasil daripada penelitian ini ternyata dengan adanya kontak sosial yang terus menerus dilakukan akan memberikan efek “sama sepenanggungan” pada penganut tarekat, begitupun dengan manajemen emosi yang ada pada tiap individu tersebut, tidak jauh berbeda satu sama lain. didalam tarekat mereka dapat merasakan damai, tenang dan nyaman saat melantunkan zikir hal tersebut membuat perasaan resah, bingung hingga emosi yang tidak stabilpun dapat dikendalikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febrianty, Iid Rahmaniaiidrahmaniafebrianty697@gmail.comE97216018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozi, Ghozighozi.ichsan@uinsby.ac.id2019107701
Subjects: Manajemen
Psikologi Islam
Tasawuf
Keywords: Tarekat; Manajemen Emosi; Pesantren.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Iid Rahmania Febrianty
Date Deposited: 15 Aug 2021 13:35
Last Modified: 15 Aug 2021 13:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47300

Actions (login required)

View Item View Item