Pemanfaatan udang rebon (Acetes Sp) menjadi terasi udang sebagai wahana pemberdayaan ekonomi masyarakat Sungsang di Desa Sungsang II Kecamatan Banyuasin II Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfarabi, Azi (2021) Pemanfaatan udang rebon (Acetes Sp) menjadi terasi udang sebagai wahana pemberdayaan ekonomi masyarakat Sungsang di Desa Sungsang II Kecamatan Banyuasin II Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Azi Alfarabi_B72214024.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pemberdayaan kelompok ibu-ibu Desa Sungsang II, dengan fokus sebagai berikut; Bagaimana strategi pemberdayaan masyarakat Sungsang melalui pemanfaatan hasil tangkap nelayan di Desa Sungsang II?; dan Bagaimana hasil yang dicapai dari proses pendampingan pemberdayaan masyarakat Sungsang melalui pemanfaatan hasil tangkap nelayan di Desa Sungsang II? Medote pendampingan pada masyarakat Sungsang yang digunakan pendekatan ABCD (Asset Bassed Community Development). Prinsip-prinsip, strategi, tahapan, dan teknik dalam penelitian pendampingan ini semua merujuk pada metode ABCD. Hasil pendampingan pemanfaatan udang rebon menjadi terasi menunjukan bahwa terdapat perubahan yaitu kesadaran masyarakat (ibu-ibu) dalam mengembangkan aset yang dimiliki, guna menciptakan kemandirian ibu-ibu Sungsang dalam melakukan wirausaha olahan hasil tangkapan setempat. Pelatihan pembuatan terasi udang rebon ini juga berdampak kepada perubahan pola pikir ibu-ibu menjadi kreatif dan terampil dalam membuat kemasan terasi udang rebon yang selama ini dijual secara cumpukan menjadi layak jual dan nilai jual lebih sehingga dapat menambah pendapatan keluarga. Sedangkan dalam pandangan relevansi dakwah, pada proses pendampingan yang dilakukan, masyarakat Sungsang memperoleh ilmu pengetahuan, peningkatan keterampilan dan skill sebagai modal untuk berusaha mandiri dalam melangsungkan kehidupan di dunia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfarabi, Azikiai.azi.alfarabi@gmail.comB72214024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Mohanshormoh75@gmail.com2018087502
Subjects: Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan ekonomi; Penguatan partisipasi ibu-ibu Sungsang; Pemanfaatan udang rebon.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Azi Alfarabi
Date Deposited: 18 Apr 2021 12:30
Last Modified: 18 Apr 2021 12:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47304

Actions (login required)

View Item View Item