Upaya peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan media pembelajaran VideoScribe kelas VII MTsN 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Alfin (2021) Upaya peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan media pembelajaran VideoScribe kelas VII MTsN 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfin Maghfiroh_D91217081.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam ralitasnya pembelajaran yang cenderung membosankan. Dalam masa pandemi saat ini pemerintah menetapkan pembelajaran jarak jauh. Sehingga bagi guru belum mampu menyesuaikannya, seperti pembuatan dan penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia dan lainnya yang dibutuhkan dalam pembelajaran online. rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII di MTsN 2 Sidoarjo, 2) Bagaimana penerapan media pembelajaran VideoScribe dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII diMTsN 2 Sidoarjo, 3) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan penerapan media pembelajaran VideoScribedi kelas VII MTsN 2 Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengatahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII di MTsN 2 Sidoarjo, 2) Mengatahui penerapan media pembelajaran VideoScribe dapat meningkatkan hasilbelajar siswapada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII diMTsN 2 Sidoarjo, 3) Mengatahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan penerapan media pembelajaran VideoScribedi kelas VII MTsN 2 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan model McTaggratyang terdiri dari empat kompenen, yakni: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi yang dilakukan dengan dua siklus. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawamcara, test dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan 1) Hasil belajar siswa kelas VII H dan VII I pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas dengan penerapan media pembelajaran VideoScribe masih rendah. 2)Penerapan media pembelajaran VideoScribe sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII H dan kelas VII I MTsN 2 Sidoarjo pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam telah dilaksanakan dengan baik. 3)Terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas VII H dan kelas VII I MTsN 2 Sidoarjo pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam setalah diterapkan media pembelajaran VideoScribe.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Alfinalfinmaghfiroh19@gmail.comD91217081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChanna AW, Lilieklilikchanna@gmail.com2018126701
Thesis advisorTolchah, Mochmochtolchah@yahoo.com2005035301
Subjects: Agama
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Keywords: Hasil Belajar; Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam; dan Media Pembelajaran VideoScribe.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alfin Maghfiroh
Date Deposited: 04 Apr 2021 10:11
Last Modified: 04 Apr 2021 10:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47306

Actions (login required)

View Item View Item