Studi pekerja kapal pesiar di Desa Glagga Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan dalam tinjauan teori Pilihan Rasional James S. Coleman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fajriyah, Nurul (2021) Studi pekerja kapal pesiar di Desa Glagga Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan dalam tinjauan teori Pilihan Rasional James S. Coleman. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Fajriyah_I03217017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kehidupan pekerja kapalpesiar di Desa Glagga. Adapun latar belakang masalah dalam penelitian ini karena kurangnya lapangan pekerjaan di tempat asal dan masyarakat Desa Glagga ingin mengubah kehidupan keluarganya menjadi lebih baik dalam aspek sosial dan ekonominya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam melihat fenomena yang terjadi pada kehidupan pekerja kapal pesiar yang ada di Desa Glagga dengan menggunakan teori Pilihan Rasional James S. Coleman. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa; kehidupan pada pekerja kapal pesiar di Desa Glagga Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan terdapat perubahan dalam segi ekonomi dan sosial (1) peran sebagai pekerja kapal pesiar bagi yang telah berkeluarga adalah sebagai kepala keluarga bagi istri dan anaknya serta mendapatkan penghasilan untuk menghidupi anggota keluarganya, bagi yang masih lajang sebagai persiapan masa depan ketika telah berkeluarga dan bagi orangtuanya. (2) Strategi yang digunakan dengan melakukan investasi, dan menyisihkan sebagian penghasilannya untuk menjadi tabungan masa depan. (3) Perubahan yang terjadi dari aspek sosial merupakan gaya hidup dan pola pikir yang lebih baik. Dan perubahan dari aspek ekonomi yaitu pendapatan yang tinggi membuat kehidupan keluarganya semakin membaik dari sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fajriyah, Nurulriaasuhudi@gmail.comI03217017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarsito, Warsitoronggow57@gmail.com2009025901
Subjects: Masalah sosial
Tenaga Kerja
Keywords: Pekerja; Kapal pesiar.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Sosiologi
Depositing User: Nurul Fajriyah Ria
Date Deposited: 06 Apr 2021 11:49
Last Modified: 06 Apr 2021 11:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47308

Actions (login required)

View Item View Item