Pengaruh pembelajaran fiqih berbasis lingkungan terhadap pendidikan humanistik di MTsN Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adryan, Muhammad Rizky (2021) Pengaruh pembelajaran fiqih berbasis lingkungan terhadap pendidikan humanistik di MTsN Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rizky Adryan_D91217118.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berbicara mengenai pendidikan memang tidak akan pernah ada akhirnya, karena pendidikan merupakan permasalahan kemanusiaan yang besar akan senantiasa aktual dan dinamis untuk didiskusikan tiap tempat dan waktu. Dalam realitas kehidupan, didalam pendidikan terdapat kesenjangan karena adanya perubahan sosial yang cepat, proses transformasi budaya yang begitu deras, perkembangan politik serta kesenjangan ekonomi yang sangat lebar. Pendidikan harus senantiasa toleran terhadap perubahan normatif dan kultural yang terjadi, karena pendidikan merupakan lembaga sosial yang berfungsi sebagai pembentuk insan yang berbudaya dan melakukan proses pembudayaan. Skripsi ini mengambil jenis penelitian yakni penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian desktiptif kuantitatif mendeskripsikan dan menginterprestasikan apa yang ada, berkenaan dengan hubungan antara variabel, menguji hipotesis, dan mengembangkan generalisasi, prinsip atau teori yang memiliki validitas universal. Pembelajaran Fiqih berbasis lingkungan perlu adanya pelaksanaan yang dilakukan demi untuk tercapainya tujuan dari sekolah Adiwiyata. Pelaksanaan pembelajaran tersebut adalah sebagai berikut: 1. Pembelajaran fiqih berbasis lingkungan di sekolah Adiwiyata MTsN Gresik terdiri dari tujuan yang dituangkan dalam buku pedoman sekolah Adiwiyata, yaitu menentukan tema yang berbasis lingkungan dari kurikulum nasional kemudian dipetakan berdasarkan kompetensi dasar dan dijabarkan dalam indikator. 2. Materi pendidikan humanistik yang diterapkan di sekolah harus dibarengi dengan kemauan dari siswa/i itu sendiri, kemudian diintegrasikan dengan materi berwawasan lingkungan. Tema semua bersih hidup jadi nyaman, rendah hati, hemat, sederhana menjadi hidup lebih mulia dan tema hari kiamat dapat dijadikan contoh materi kurikulum yang berbasis lingkungan. 3. Pengaruh pembelajaran fiqih berbasis lingkungan pada sekolah Adiwiyata bisa membuat peserta didik lebih aktif serta berwawasan lingkungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adryan, Muhammad Rizkymilanistiryan70@gmail.comD91217118
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChanna AW, Liliek Channalilikchanna@gmail.com2018126701
Thesis advisorTolchah, Mochmochtolchah@yahoo.com2005035301
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Keywords: Pembelajaran; Berbasis Lingkungan; Humanistik.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Rizky Adryan
Date Deposited: 04 Apr 2021 08:22
Last Modified: 04 Apr 2021 08:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47309

Actions (login required)

View Item View Item