Pengembangan perangkat pembelajaran matematika menggunakan model Double Loop Problem Solving untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummami, Richa (2020) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika menggunakan model Double Loop Problem Solving untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Richa Ummami_D74216072.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan berpikir merupakan hal penting yang harus dimiliki dan ditumbuhkan oleh setiap orang terutama peserta didik, kemampuan berpikir tersebut salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis. Namun realitanya budaya berpikir kritis yang dimiliki peserta didik masih belum tampak, terutama pada pembelajaran matematika. Oleh sebab itu, peneliti hendak mengembangkan sebuah variasi dan inovasi baru dalam pembelajaran matematika yaitu pembelajaran model double loop problem solving yang dapat membantu peserta didik melatihkan kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah matematika, model pembelajaran ini juga akan memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk memperoleh pengalaman belajar, serta keahlian dalam memecahkan masalah dengan berbagai alternatif solusi jawaban. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan proses pengembangan, mengukur kevalidan serta kepraktisan dari perangkat pembelajaran matematika menggunakan model double loop problem solving untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yakni tahap investigasi awal, tahap pembuatan prototipe, dan tahap penilaian. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan buku saku pada materi bilangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik catatan lapangan (field note) untuk memperoleh data proses pengembangan perangkat pembelajaran, serta teknik validasi yang digunakan untuk mengetahui data mengenai kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang sering dilakukan adalah pembelajaran yang berpusat pada guru. Selanjutnya adalah pembuatan prototipe RPP dan LKPD menggunakan model double loop problem solving untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis serta buku saku. Kemudian, perangkat pembelajaran dikatakan valid dengan nilai rata-rata total kevalidan RPP sebesar 3,5, untuk LKPD sebesar 3,59, dan buku saku sebesar 3,43. Perangkat pembelajaran juga dikatakan praktis dengan mendapatkan rata-rata nilai A dan B oleh keempat validator. Dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan dapat dikatakan valid dan praktis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummami, Richaricha.ummami54@gmail.comD74216072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunahsetyawati@uinsby.ac.id197411042008012008
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pengembangan; Berpikir Kritis; Model Double Loop Problem Solving.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Richa Ummami
Date Deposited: 04 Apr 2021 08:26
Last Modified: 04 Apr 2021 08:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47312

Actions (login required)

View Item View Item