Hadis tentang khasiat kayu india (gaharu) bagi kesehatan: studi hadis dalam Sunan Abi Dawud no. indeks 3877

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izzati, Yustika Robbal (2020) Hadis tentang khasiat kayu india (gaharu) bagi kesehatan: studi hadis dalam Sunan Abi Dawud no. indeks 3877. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yustika Robbal Izzati_E95216076.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kesehatan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi manusia, karena dengan fisik yang sehat manusia dapat melakukan segala aktivitas dengan mudah. Bahkan dalam hadis Rasulullah SAW dijelaskan mengenai anjuran meminta doa agar diberi kesehatan, karena pentingnya kesehatan itu agar tubuh tidak sakit dan mudah dalam melakukan aktivitas. Ketika sudah sakit maka akan diperlukan yang namanya pengobatan, baik berupa pengobatan secara medis atau tradisional. Seperti halnya pengobatan tradisional berupa obat herbal dari tumbuh-tumbuhan dan lainnya. Dalam penelitian ini fokus terhadap pengobatan dari tumbuh-tumbuhan berupa kayu India (gaharu). Penelitian ini mengkaji hadis tentang khasiat kayu India (gaharu) dari jalur Imam Abu Dawud yang meliputi kualitas hadis khasiat kayu India (gaharu), pemaknaan hadis tentang khasiat kayu India (gaharu) bagi kesehatan menurut para ahli hadis, dan khasiat kayu India (gaharu) dalam perspektif ilmu kesehatan. Untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu dengan mengumpulkan data-data yang terkait untuk mendapatkan hasil informasi yang dicari. Kemudian penelitian ini juga dipaparkan terkait hasil penelitian terdahulu untuk memperkuat penelitian ini. Kemudian metode dalam meneliti hadis menggunakan metode hadis maudu’i (tematik) dengan mengumpulkan beberapa hadis yang setema untuk mendapatkan informasi yang utuh dan komprehensif.Kemudian kesimpulan dari penelitian ini yaitu hadis dari jalur Imam Abu Dawud ini berstatus shahih dengan melihat pada kualitas sanad dan matan hadis. Dikarenakan sanad dan matannya ketika diteliti berstatus shahih, sehingga hadis ini berstatus shahih. Dan pemaknaan hadis dari berbagai ahli hadis berpendapat bahwa hadis ini membahas mengenai khasiat kayu India (gaharu) itu bagi kesehatan yang salah satunya dapat menyembuhkan amandel dan sakit lambung. Kayu India (gaharu) ini mengandung 7 macam obat yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit, sebagaimana yang sudah dijelaskan oleh Rasulullah SAW. Dan dalam perspekti ilmu kesehatan yang membahas masalah obat-obatan yaitu ilmu farmakologi menyatakan bahwa kayu India (gaharu) ini memiliki kandungan yang dapat diekstrak menjadi obat atau langsung dikonsumsi berupa obat herbal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izzati, Yustika Robbalyustikarobbalizzati@gmail.comE95216076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhid, Muhidmuhid@uinsby.ac.id2002106301
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Hadis
Keywords: Gaharu; Kesehatan; Hadis Nabi SAW.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: yustika robbal izzati
Date Deposited: 06 Apr 2021 13:13
Last Modified: 06 Apr 2021 13:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47322

Actions (login required)

View Item View Item