Perancangan sekolah Luar Biasa Tuna Grahita di Kota Sidoarjo dengan pendekatan Supportive Environment

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suliyandari, Eka Gita (2021) Perancangan sekolah Luar Biasa Tuna Grahita di Kota Sidoarjo dengan pendekatan Supportive Environment. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eka Gita Suliyandari_H73216035.pdf

Download (3MB)

Abstract

Setiap anak berhak mendapatkan Pendidikan yang sesuai takpterkecuali anak yang berkebutuhan khusus..Pendidikanpbagi anak berkebutuhan khsusus sangat penting bagi keberlangsungan hidup bermasyrakat karena melalui pendidikan anak dapat berinteraksi dengan orang lain dan diberlakukan sama dengan orang lain tanpa pandangan sebelah mata. Anak tuna grahita adalaha anak yang meilki IQ 70 kebawah atau biasa disebut dengan retradasi mental. Anak berkebutuhan khusus tuna grahita memiliki masalah baik fisik, mental, intelektual, sosial, maupun emosional, sehingga memerlukan signifikansi dalam proses pertumbuhan atau perkemvangannya dibandingkan dengan anak-anak lain yang memilki usia terkait. Namun pada saait ini Indonesia banyak bangunan sekolah luar biasa tuna grahita yang kurang mendukung hambatan-hambatan terkait siswa tuna grahita sehinnga menyebabkan anak tuna grahita kurang mengalami perkembangan dalam segi mental maupun pendidikan akademis. Perancangan sekolah luar biasa tuna grahita dengan pendekatan supportive environment ini bertujuan menciptakan sebuah lingkungan pendidikan yang sesuai dengan hambatan-hambatan yang dimiliki oleh siswa tuna grahita dengan sarana dan prasarana yang memadai mulai dari kegiatan akademis sampai kegiatan terapi. Konsep supportive environment menerapkan desain yang mendukung secara psikososial para penggunanya khususnya siswa tuna grahita. Supportive environment tidak terbatas pada karakter fisik lingkungan karena juga memperhitungkan dimensi budaya, sosial, ekonomi, dan politik. Dari perspektif ini tata letak, desain, dan pemeliharaan lingkunfan sebuah bangunan harus memenuhi persyaratan semua penghuninya. Oleh karena itu, dalam perancangan ini pendekatan supportive environment dianggap lebih sesuai untuk diterapkan ke dalam sekolah luar biasa tuna grahita dalam wujud rancangan tapak, bangunan, dan ruang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suliyandari, Eka Gitaekasuliyandarie@gmail.comH73216035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorErnawati, Ritarita_ernawati@uinsby.ac.id2003088003
Thesis advisorWidiastuti, Mega Ayundyam_ayundya@yahoo.com2010038701
Subjects: Arsitektur
Keywords: Sekolah Luar Biasa Tuna Grahita; Supportive Environment; Psikososial.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: EKA GITA SULIYANDARI
Date Deposited: 05 Apr 2021 10:23
Last Modified: 05 Apr 2021 10:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47326

Actions (login required)

View Item View Item