Pengembangan media E-learning berbasis Edmodo untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmayanti, Zhafirah (2021) Pengembangan media E-learning berbasis Edmodo untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zhafirah Rahmayanti_D74216081.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemajuan teknologi di era revolusi industri 4.0 menuntut agar dunia pendidikan dapat mengikutinya demi meningkatkan mutu pendidikan. Peran teknologi yang membantu dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu dengan memanfaatkan teknologi pada proses pembelajaran. Kondisi pandemi saat ini tentu sangat berpengaruh juga terhadap pendidikan di Indonesia. Disinilah peranan teknologi informasi dan komunikasi bagi guru dan peserta didik sebagai solusi dalam menghadapi situasi saat ini agar tujuan pembelajaran tetap tercapai. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pengembangan media e-learning berbasis Edmodo, kevalidan, keektifan, dan peningkatan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan pada model pengembangan R&D (Research and Development). Penelitian ini hanya melakukan 6 tahap dari 10 tahap pengembangan R&D. Enam tahap itu diantaranya: tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, dan uji coba. Pada penelitian ini dilakukan pengumpulan data berupa catatan lapangan, validasi ahli, tes hasil belajar, dan angket respon peserta didik yang kemudian dari hasil tersebut dilakukan analisis. Berdasarkan deskripsi dan analisis data diperoleh hasil dari pembuatan media e-learning yaitu menggunakan learning managament system Edmodo yang terdapat bahan ajar interaktif, quiz sebagai latihan soal, dan assigment sebagai alat evaluasi menggunakan materi sistem persamaan linear dua variabel. Dari media yang dibuat diperoleh kevalidan media sebesar 4,29 dengan kategori valid. Analisis data kepraktisan diperoleh secara teori sebesar 83,6 dengan kategori dapat digunakan dengan sedikit revisi dan secara praktik diperoleh rata-rata respon peserta didik sebesar 76,82% dengan kategori positif. Pada analisis data keefektifan diperoleh ketuntasan hasil belajar peserta didik secara klasikal sebesar 100% dengan kategori efektif. Sedangkan untuk peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan media, diperoleh rata-rata sebesar 3,09 dengan persentase nilai peserta didik yang mengalami peningkatan sebesar 58,85%. Hal ini menunjukkan bahwa media e-learning berbasis Edmodo dinyatakan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmayanti, Zhafirahz.rahmayanti98@gmail.comD74216081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Subjects: Matematika
Keywords: Media pembelajaran; E-learning; Edmodo; Hasil belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Zhafirah Rahmayanti
Date Deposited: 09 Apr 2021 13:59
Last Modified: 09 Apr 2021 13:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47333

Actions (login required)

View Item View Item