Krisis spiritual dalam perilaku adik-adikan di Pondok Pesantren

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ekawati, Rana (2021) Krisis spiritual dalam perilaku adik-adikan di Pondok Pesantren. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rana Ekawati_E97216026.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji sebuah konflik yang sering terjadi diantara santri di pondok pesantren. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini, adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah santri, pengurus pondok dan Ustadz yang berada di suatu pondok di Jawa Timur. Dalam penelitian ini seluruh nama tokoh dan nama pondok sengaja disembunyikan dengan alasan privasi dan agar tidak merugikan pihak manapun. Sedangkan dalam teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bagaimana kiat mengetahui konflik atau permasalahan seseorang dan apa sebab dari permasalahan tersebut bisa terjadi. Krisis spiritual yang dialami santri yang bermasalah adalah faktor utama dari permasalahan yang mereka alami dan faktor-faktor lainnya, maka dalam melakukan analisa penulis mengelompokkan faktor-faktor penyebab hubungan adik-adikan di pondok pesantren dalam dua point yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Pondok pesantren sebagai ruang belajar dan pembentukan karakter remaja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ekawati, Ranaranaeka07@gmail.comE97216026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozi, Ghozighozi.ichsan@uinsby.ac.id2019107701
Subjects: Agama
Gender
Kepribadian
Keywords: Krisis spiritual; Adik-adikan; Santri dan pondok pesantren.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Rana Ekawati
Date Deposited: 06 Apr 2021 12:05
Last Modified: 06 Apr 2021 12:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47339

Actions (login required)

View Item View Item