Pengaruh Firm Size, Leverage, dan Financial Distress terhadap Konservatisma Akuntansi: studi empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anjjarwati, Putri (2021) Pengaruh Firm Size, Leverage, dan Financial Distress terhadap Konservatisma Akuntansi: studi empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Anjjarwati_G72217047.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif paradigma positif. Penelitian kuantitatif berfokus pada penelitian berupa angka, mulai dari data penelitian yang digunakan, olah data sampai dengan hasil penelitian yang berupa angka. Sedangkan tujuan dari riset positivisme digunakan untuk mencari interkoneksi dalam fenomena sosial guna menghasilkan hukum kausal umum (general cusal law) agar kejadian dapat dikendalikan dan diprediksi. Sampel diperoleh dengan metode purposive sampling sebanyak 38 perusahaan tambang yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI). Data penelitian diambil dari laporan keuangan perusahaan tambang yang disajikan di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2019. Pengolahan data panel menggunakan STATA 16 sehingga diperoleh persamaan regresi Random Effect Model (REM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel firm size, leverage dan financial distress berpengaruh signifikan terhadap konservatisma akuntansi. Selanjutnya secara parsial variabel firm size dan financial distress berpengaruh positif terhadap konservatisma akuntansi. Sedangkan leverage berpengaruh negatif terhadap konservatisma akuntansi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anjjarwati, Putriputrianjjar99@gmail.comG72217047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawangsari, Ajeng Titaajeng.tita87@gmail.com198708282019032013
Subjects: Keuangan > Keuangan - Manajemen
Keywords: Firm size; Leverage; Financial distress; Konservatisma akuntansi.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Putri Anjjarwati
Date Deposited: 06 Apr 2021 17:24
Last Modified: 07 Apr 2021 06:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47357

Actions (login required)

View Item View Item