Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku tematik kelas 1 tema diriku kurikulum 2013 edisi revisi 2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Muniroh (2021) Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku tematik kelas 1 tema diriku kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muniroh Hidayati_D97217062.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi dan karakter, dimana buku tematik menjadi bagian dari kurikulum 2013. Artinya, dalam buku tematik kurikulum 2013 tidak hanya memuat kemampuan kompetensi tetapi juga mengandung nilai-nilai pendidikan karakter. Tetapi, nilai-nilai karakter yang menyatu dengan materi, membuat guru tidak mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang termuat dalam buku tematik kelas 1 tema diriku. Oleh karena itu peneliti melakukan analisis nilai-nilai pendidikan karakter pada buku tematik kelas 1 tema diriku kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Tujuan dari penelitian : 1) Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku tematik guru kelas 1 tema Diriku kurikulum 2013 edisi revisi 2017. 2) Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku tematik siswa kelas 1 tema Diriku kurikulum 2013 edisi revisi 2017. 3) Untuk mengetahui kesesuaian nilai-nilai karakter yang terdapat dalam buku tematik guru dan siswa kelas 1 tema Diriku kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Metode penelitian library research ini menggunakan model analisis isi Klaus Krippendorff yang terdiri dari yang terdiri dari unitizing, sampling, recording, reducing, inferring, dan narrating. Subjek penelitian ini adalah Buku Tematik Guru dan Siswa Kelas 1 Tema diriku kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pada buku teks tematik guru kelas 1 tema diriku edisi revisi 2017, seluruh nilai karakter utama, yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong dan integritas muncul. Tetapi tidak semua sub nilai karakter dari karakter utama muncul. Adapun nilai karakter yang muncul pada buku pegangan guru meliputi keberanian, percaya diri, disiplin, kejujuran, tanggung jawab, kerja sama, beriman dan bertakwa, etos kerja (kerja keras), menghargai, kreatif, cinta damai, keteladanan, menghargai martabat individu (terutama penyandang disabilitas), empati, musyawarah mufakat, anti diskriminasi, persahabatan, ketulusan, serta keragaman budaya, suku dan agama. 2) Nilai karakter yang muncul pada buku teks tematik siswa kelas 1 tema diriku sudah memunculkan seluruh nilai karakter utama yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas. Namun, hanya beberapa sub nilai karakter dari nilai karakter utama yang muncul pada buku tersebut. Adapun Nilai karakter yang terdapat pada buku siswa adalah tanggung jawab, kejujuran, etos kerja (kerja keras), kerja sama, keberanian, percaya diri, disiplin, beriman dan bertakwa, menghargai, kreatif, ketulusan, anti diskriminasi, cinta damai, keteladanan, menghargai martabat individu (terutama penyandang disabilitas), persahabatan, tolong-menolong, mencintai lingkungan, menjaga lingkungan, empati, menghormati keragaman budaya, suku dan agama, serta musyawarah mufakat. 3) Terdapat ketidak sesuaian antara buku pegangan guru dan buku pegangan siswa. Adanya 3 sub nilai karakter pada buku siswa yang tidak muncul pada buku guru yaitu mencintai lingkungan, menjaga lingkungan, dan tolong-menolong.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Munirohmunirohhidayati8@gmail.comD97217062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharotialfin_ftkuinsa2014@yahoo.com2006067301
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Analisis; Nilai-nilai pendidikan karakter; Buku tematik kelas 1 tema diriku edisi revisi 2017.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muniroh Hidayati
Date Deposited: 08 Apr 2021 07:23
Last Modified: 08 Apr 2021 07:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47363

Actions (login required)

View Item View Item