Analisis translasi antar representasi siswa dalam memecahkan masalah mengacu pada taksonomi SOLO dibedakan dari gaya kognitif

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamidah, Nur (2021) Analisis translasi antar representasi siswa dalam memecahkan masalah mengacu pada taksonomi SOLO dibedakan dari gaya kognitif. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Hamidah_D04216025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Translasi antar representasi adalah proses perubahan dari suatu bentuk ungkapan ide atau gagasan matematika awal ke bentuk ungkapan ide atau gagasan matematika yang lain baik berupa tabel, diagram ataupun gambar yang bermakna sama. Salah satu cara mengidentifikasi kemampuan translasi antar representasi adalah menggunakan taksonomi SOLO yang diklasifikasikan dalam lima tingkatan dari tingkat sederhana sampai tingkat tinggi. Setiap siswa memiliki pemahaman dalam memecahkan masalah berbeda-beda, salah satunya dipengaruhi oleh gaya kognitif. Perbedaan gaya kognitif yang digunakan pada penelitian ini adalah field dependent (FD) dan field independent (FI). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan translasi antar representasi siswa dalam memecahkan masalah mengacu pada taksonomi SOLO dibedakan dari gaya kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah 4 siswa kelas VIII A MTs Negeri Gresik yang dipilih berdasarkan hasil tes GEFT dan saran dari guru matematika. Subjek diambil 2 siswa FD dan 2 siswa FI. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian adalah wawancara berbasis tugas. Analisis dilakukan dengan cara mengklasifikasikan hasil translasi antar representasi masing-masing subjek berdasarkan lima level taksonomi SOLO. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, translasi antar representasi siswa bergaya kognitif FD berada pada level multistruktural dan translasi antar representasi siswa bergaya kognitif FI berada pada level extendend abstract. Selain itu, diperoleh perbedaan translasi antar representasi siswa bergaya kognitif FD dan FI adalah siswa FD belum bisa menemukan hubungan dari berbagai bentuk penyelesaian dan siswa FI mampu menemukan hubungan dari berbagai penyelesaian. Sedangkan persamaan translasi antar representasi siswa bergaya kognitif FD dan FI adalah siswa mampu memahami masalah sehingga dapat melakukan lebih dari satu translasi antar representasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamidah, Nurhnur01793@gmail.comD04216025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunahsetyawati@uinsby.ac.id197411042008012008
Thesis advisorHamdani, A. Saepulaseptheaiain@yahoo.co.id; asepsaepulhamdani@uinsby.ac.id2031076501
Subjects: Matematika
Keywords: Translasi; Representasi; Taksonomi SOLO; Gaya Kognitif.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Hamidah
Date Deposited: 07 Apr 2021 05:57
Last Modified: 07 Apr 2021 05:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47374

Actions (login required)

View Item View Item