Studi populasi ikan pari (Neotrygon orientalis) ada hasil penangkapan di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Brondong, Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sukmawati, Mayang (2021) Studi populasi ikan pari (Neotrygon orientalis) ada hasil penangkapan di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Brondong, Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mayang Sukmawati_H74216034.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ikan pari merupakan salah satu jenis ikan yang termasuk dalam kelas Elasmobramchii, termasuk salah satu kelompok ikan yang memiliki potensi ekonomi yang tinggi yaitu khusunya ikan pari dari anggota famili Dasyatidae. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui perbandingan jenis kelamin antara jantan dan betina, laju pertumbuhan, hubungan panjang berat, faktor kondisi, serta mortalitas dan laju eksploitasi ikan pari (Neotrygon orientalis) di PPN Brondong, Lamongan. Penelitian ini dilakukan dengn menggunakan metode survey yaitu pengambilan data secara langung. Hasil penelitian menunjukkan selama pada bulan Oktober dan November Perbandingan jenis kelamin ikan pari (Neotrygon orientalis) di dapatkan perbandingan presentase 58.48% (jantan) : 41.52% (betina), memiliki pertumbuhan panjang nilai K = 0.0285 pada ikan pari jantan dan nilai K= 0.0233 pari betina, dimana jika memiliki nilai K ≤0,5 maka ikan pari tersebut memiliki waktu pertumbuhan yang lambat untuk mencapai panjang simtotiknya. Berdasarkan analisis hubungan panjang dan berat diperoleh hasil nilai b pada ikan pari jantan b =1.9394 dan nilai b pada ikan pari betina b = 2.2023, yang artinya pada ikan pari jantan dan betina sama sama memiliki nilai b<3 yaitu memiliki pertumbuhan panjang lebih cepat dari beratnya (allometrik negative). Ikan pari Neotrygon orientalis termasuk kedalam kategori ikan yang kurus (pipih) dengan nilai faktor kondisi berkisar mulai dari 0.2462-3.9227. Laju mortalitas total (Z) 0.395; laju mortalitas alami (M) 0.177 dan laju mortalitas penangkapan (F) 0.218 sehingga diperoleh laju eksploitasi 0.548, dimana nilai tersebut sudah melebihi nilai optimum yaitu 0.5 yang berarti ikan pari Neotrygon orientalis yang di daratkan di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Brondong, Lamongan sudah mengalami Overfishing yang diakibatkan oleh aktifitas penangkapan yang berlebih.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sukmawati, Mayangmayangsukmawati05@gmail.comH74216034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetiawan, Fajarfajar_404@yahoo.com2006058402
Thesis advisorMaisaroh, Dian Sarimaisaroh.ds@uinsby.ac.idmaisaroh.ds@uinsby.ac.id
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Ikan pari (Neotrygon orientalis); Laju pertumbuhan; Hubugan panjang berat, Faktor kondisi; Mortalitas dan laju eksploitasi.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: mayang sukmawati
Date Deposited: 09 Sep 2021 07:36
Last Modified: 09 Sep 2021 07:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47376

Actions (login required)

View Item View Item