Perancangan Panti Wreda dengan pendekatan Empathic Architecture di Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabilah, Tsaniyah (2021) Perancangan Panti Wreda dengan pendekatan Empathic Architecture di Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tsaniyah Salsabilah_H03216022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Menjadi tua merupakan salah satu proses kehidupan yang dialami oleh setiap manusia dan tidak bisa dihindari. Lansia adalah tahap akhir dalam siklus hidup manusia karena seiring dengan berjalannya waktu maka yang muda akan menjadi tua dan yang tua akan menjadi semakin tua. Kesejahteraan lansia merupakan hal yang harus diperhatikan dari lansia. Tempat tinggal yang aman dan nyaman juga sangat diperlukan untuk menunjang kehidupan lansia. Perubahan sosiokultural masyarakat Indonesia yang berdampak pada pola pengasuhan lanjut usia dalam keluarga menjadi alasan yang mempengaruhi pihak keluarga mengesampingkan keberadaan lansia dan menjadikan banyak lansia yang terlantar. Disaat seperti inilah Panti Wreda sangat diharapkan keberadaannya. Panti Wreda sangat diharapkan bisa sesuai dengan keinginan, kebutuhan dan karakteristik para lansia, sehingga pendekatan Empathic Architecture diarasa tepat digunakan dalam situasi yang seperti ini. Prinsip-prinsip penting pendekatan Empathic Architecture, yaitu Menyeimbangkan rasionalitas dan emosi dalam membangun pemahaman tentang pengalaman pengguna, melibatkan salah satu pengguna sebagai mitra serta keterlibatan anggota tim desain sebagai pakar multi- disiplin dalam melakukan penelitian pengguna. Hasil rancangan menerapkan prinsip dan konsep desain, keduanya berkorelasi dalam mendukung proses kehidupan lansia yang lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabilah, Tsaniyahtsaniyahs@gmail.comH03216022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorErnawati, Ritarita_ernawati@uinsby.ac.id2003088003
Thesis advisorWidiastuti, Mega Ayundyam_ayundya@yahoo.com2010038701
Subjects: Arsitektur
Keywords: Lansia; Panti Wreda; Empathic Architecture; Prinsip desain.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Tsaniyah Salsabilah
Date Deposited: 07 Apr 2021 06:06
Last Modified: 07 Apr 2021 06:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47377

Actions (login required)

View Item View Item